Konversi Citra Satelit Landsat ETM+ ke Format IDRISI

Untuk memahami secara cepat masalah citra satelit, apa itu landsat, ETM+ dan spektrum warna, ada baiknya membaca link berikut ini (tetapi dalam bahasa Inggris). Ketika mengunduh citra satelit di situs resmi USGS Amerika (lihat tata caranya di postingan sebelumnya), sebaiknya mengikuti tip dan triks berikut ini:

  • Pilih slot waktu pemotretan yang jernih dengan cara mengunduh terlebih dahulu satu file kecil (true color) tile dan lihat kondisinya sebelum mengunduh file ukuran besarnya, dan
  • Unduh produk lengkapnya, dengan rentang ukuran file dari 200 Mb hingga 1 Gb.

Jika kita mengunduh produk lengkap maka kita akan memperoleh enam hingga delapan spektrum band. Dengan mengunduh banyak band, maka untuk klasifikasi hasil yang diperoleh lebih baik. Berikut ini cara mengkonversi dengan cepat dan sederhana file “GeoTIFF” hasil download dari situ USGS. Buka IDRISI dan masuk ke menu Import.

Kemudian isi file dengan mengarahkan ke lokasi file hasil download setelah diekstrak (biasanya diekstrak dua kali). Arahkan pula lokasi output setelah diberi nama sesuai dengan band nya.

Setelah itu IDRISI akan mengkonversi ketujuh citra satelit itu menjadi tujuh file berekstensi rst. Di sini karena akan digunakan untuk klasifikasi, hanya tujuh band yang diperlukan mengingat IDRISI maksimal mengklasifikasi (unsupervised) citra composite sebanyak tujuh band.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s