Deteksi Tanda Tangan di Perbankan

Melanjutkan tulisan yang lalu mengenai latar belakang penelitian saya, ada baiknya kita tinjau, bagaimana sih sistem yang ada sekarang dalam mendeteksi suatu tanda tangan (tanpa bantuan IT secara langsung).  Berikut merupakan tampilan saat sistem di Teller sedang mengecek tanda tangan nasabah yang akan mengambil dana. Program tersebut saya install di laptop (kok bisa sih? .. ya bisa aja, dalam dunia IT, apa sih yang ga bisa di otak-atik, yg penting hati-hati dan waspada).

Program yang dibeli dari perusahaan Fiserv Alliant, mengharuskan teller memiliki kemampuan membandingkan antara tanda tangan nasabah dengan spesiment tanda tangan yang ada dalam database bank tersebut. Nah, penelitian saya bermaksud membuat sistem seperti itu, tapi dengan komputer yang mendeteksi kebenaran tanda tangan (tentu saja agak sulit diimplementasi tanpa bantuan digitized tablet, untuk tanda tangan). Sampel tanda tangan yang akan diuji akan di-capture lewat webcam (dengan pertimbangan lebih murah dan bisa dipakai oleh operator – tentu saja webcam external). Pilihan jatuh pada merek logitech, dengan pertimbangan selain gratis (nyari sendiri di gudang fakultas teknik) juga ada tombol “capture” pada webcam-nya saat memotret, sehingga tidak perlu mengklik mouse atau keyboard lagi.

Seperti pada program Fiserv, speciment tanda tangan saya letakkan di sayap kanan (kayak main bola ajah ..), Sedangkan sayap kiri hasil capture tanda tangan via webcam yang sudah terolah dengan pengolah citra (image processing) pada MATLAB. Ada dua teknik learning yang saya gunakan yang nantinya akan dibandingkan yaitu feedforward backpropagation dan cascade-forward backpropagation. Katanya sih (riset terdahulu), cascade-forward backpropagation lebih cepat kinerjanya, tapi kita lihat saja nanti. OKEH ..

Iklan

6 thoughts on “Deteksi Tanda Tangan di Perbankan

  1. mas,
    artikelnya bagus.
    sangad membantu…
    kebetulan sya mau ambil tugas akhit ttg ni juga.
    bisa ga mas share materi ato contoh programnya.
    bwt bahan referensi.
    sya tunggu lwt email yah mas.mkch

  2. Pak, untuk tau presentase kemiripannya pakai apa pak ? Bisa saya liat code untuk mengetahui presentase kemiripannya ? Makasih pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s