Mapping Toolbox Matlab

Sesuai dengan namanya, mapping berarti berhubungan dengan peta. Salah satu aspek penting dari peta adalah spatial data, yaitu data yang berhubungan dengan lokasi/koordinat. Untuk mengelola data non spasial, selama ini matlab sanggup mengatasinya, namun bagaimana dengan data spatial? Sebenarnya ada satu lagi jenis data yang agak rumit yaitu spatio-temporal, dimana selain berkaitan dengan koordinat, juga dengan waktu (time). Tetapi untuk time, tidak terlalu masalah, hanya saja spatial yang menjadi pokok permasalahan kita saat ini.

Untuk membuka mapping toolbox dapat diakses dengan menekan starttoolboxesMapping dan pilih toolbox untuk mengelola file map yang biasanya diimpor dari ArcGIS. Atau kalau mau lebih cepat ketik mapview di command window.

Untuk mempelajari toolbox ini lebih dalam ada baiknya Anda membaca menu help dari Matlab. Kalau ingin lebih nyaman bacanya bisa download versi pdf dari help tersebut, tentu saja setelah terkoneksi ke internet. Di bagian bawah klik saja Mapping Toolbox User’s Guide di akhir help.

Maka Anda akan mendownload dari situs mathworks tentang mapping toolbox yang besarnya puluhan Mb. Berikut saya coba untuk mengimport shapefile dari ArcView. Shapefile adalah file dari ESRI tentang data spatial suatu region. Klik dari menu Import from file dan cari shapefile yang Anda miliki.

Gambar di atas adalah peta wilayah Sakhon Nakhon di provinsi Khong Kaen Thailand. Koordinat serta peta wilayah dengan batas-batasnya terlihat dengan jelas. Bahkan layer ikut terimpor ke dalam Matlab, tinggal kita mengolah lebih lanjut dengan toolbox lain di Matlab seperti Algoritma Genetik, Neural Netwok dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Lanjut ke Import Raster dan Vector Data.

Iklan

9 respons untuk ‘Mapping Toolbox Matlab

  1. Assalamualaikum wr wb pak.
    Saya ingin bertanya lagi pak. Saya sudah melakukan proses mining dengan metode jst. JST saya itu tentang klasifikasi daerah kecelakaan pak. Jadi apakah bisa saya menampilkannya dalam bentuk map pak?. Namun, saya belum mendapatkan koordinat daerahnya. Pada proses mining, untuk lokasi daerah tersebut menggunakan kode angka pak, misal: 1=padang, 2=bukittinggi. Jadi apakah bisa nanti saya menampilkannya pada gui matlab pak?.
    Gambaran dari gui yg saya bikin yaitu, ketika data baru yang diinputkan maka dia akan menampilkan peta daerah tersebut kemudian ketika daerah itu diklik bisa menampilkan semua data pada daerah tersebut.

    • iya bisa. saya sedang mengerjakan revisi buku database pada Matlab, tambahannya data spasial (Matlab – mysql) dan text processing (Matlab- access).

      • jadi bagaimana langkah selanjutnya yg saya kerjakan sekarang pak, saya bingung apa yg mesti dilakukan pak. Apa saya membuat gui di matlabnya dulu, atau bagaimana pak?. Mohon pencerahannya pak, makasih banyak sebelumnya pak

      • kalau cuma menampilkan, biasanya php-mysql saja. kalau ada komputasi bisa pakai Matlab yg terhubung hasilnya ke mysql

      • maaf saya mau nanya lagi pak, jadi hasil komputasi dari matlab kirim ke mysql ya pak?
        Hasil komputasinya bisa dikirim secara otomatis via matlab kan pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s