Mapping Toolbox Matlab (Membuka Shape file ArcView)

Pada Matlab yang telah kita install tersedia file contoh untuk memanipulasi peta yang terletak di folder \toolbox\map\mapdemos\. Buka mapviewer, untuk jelasnya lihat tulisan saya sebelumnya.

A. Mengimpor Raster Data

Raster data adalah data yang berupa pixel (berwarna atau hitam putih), atau gampangnya data gambar. Klik fileImport from file yang dilanjutkan dengan memilih file boston.tif yang berada di folder tersebut di atas. Tampak peta boston pada jendela mapview. Cukup mudah dan praktis bahkan dibanding membuka lewat arcview itu sendiri.

Untuk mengetahui skalanya, mudah saja, isi Map units dengan pilihan US Survey Feet, maka skala akan muncul dengan sendirinya. Yang menarik, skala ini akan otomatis berubah ketika kita melakukan proses zooming pada mapview dengan cara schrolling mouse kita.

B. Mengimpor Data Vektor

Data vektor adalah data yang berupa titik, garis, atau poligon yang dibuat secara matematis (lewat arcview, autocad, corel draw, dll). Untuk contoh kasus yang tersedia datanya di matlab adalah jalan-jalan yang ada di boston.

boston_roads = shaperead(‘boston_roads.shp’);

Perintah di atas membaca shapefile yang berisi koordinat jalan di boston. Hasilnya adalah data yang oleh mapviewer dikenal dengan nama ‘geographic data structure’. Terlebih dahulu konversi dari meter menjadi US survey feet. Gunakan fungsi unitsratio. Karena yang harus dikonversi adalah seluruh jalan di boston dari meter ke feet maka perlu iterasi untuk seluruh elemen boston_roads.

  • surveyFeetPerMeter = unitsratio(‘survey feet’,’meter’);
  • for k=1:numel(boston_roads)
  • boston_roads(k).X=surveyFeetPerMeter * boston_roads(k).X;
  • boston_roads(k).Y=surveyFeetPerMeter * boston_roads(k).Y;
  • end

Mengapa ini perlu dilakukan? Karena jika satuan tidak sama tentu saja boston_roads tidak akan matching dengan gambar/image boston. Coba sendiri sampai menghasilkan peta sebagai berikut:

 

 

Iklan

One thought on “Mapping Toolbox Matlab (Membuka Shape file ArcView)

  1. […] Variabel yang akan diuji ditranspose dan diberi nama tes, kemudian dicek dengan fungsi inpolygon. Hasilnya bener kan .. tidak ada rumah sakit yang berada di jalan, sungai atau danau. Kayak kurang kerjaan aja ya. Tapi itu berguna untuk program penataan ruang (pabrik, geografi, dll). Mengapa bangsa eropa maju, ya mungkin karena “They think everytings”. O iya, untuk melihat region di Matlab dengan toolbox “mapview“, masukan koordinatnya. Penggunaan secara detail dapat dilihat di tulisan sebelumnya. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s