Prediksi dengan Matlab

Prediksi adalah memperikiran hasil yang akan datang berdasarkan kondisi terkini. Biasanya dipergunakan untuk memperkirakan kejadian di waktu yang akan datang, misalnya harga saham, bencana, dan sebagainya. Terkadang kita memprediksi dari rentetan beberapa data seperti harga saham, komposisi kimia dan sebagainya. Untuk matlab terbaru sudah tersedia fasilitas GUI, tetapi versi yang lama dapat menggunakan toolbox neural network fitting tool.

Sebagai contoh time series dari 12 data, kita akan melatih NNs dengan data tersebit dimana dua kolom pertama sebagai data training dan satu kolom terakhir sebagai target (t+1). Buka GUI NNs Fitting Tool lewat jendela start atau dengan mengetik nftool di command window.

Sebelumnya masukan terlebih dahulu data dan targetnya di workspace karena akan kita gunakan nanti. Klik Next dilanjutkan dengan memasukan data dan target. Pastikan tombol Next muncul, jika tidak arahkan option button di rows.

Tambahkan Hidden Neuron seoptimal mungkin, di sini saya menggunakan nilai default yang tidak terlalu banyak, 20. Teruskan hingga proses pelatihan dan jangan lupa menyimpan hasilnya.

Terus saja menekan Next hingga proses pelatihan selesai. Jangan lupa menyimpan hasil pelatihan, misalnya net1. Setelah itu ujilah dengan menjalankan hasil pelatihan NNs tersebut. Untuk menguji hasil training, simulasikan saja net1 dengan data pelatihan.

Sepertinya ada empat data yang error dari 12 data yang dilatih. Perbaiki dengan menambah hidden neuron dan jumlah data untuk pelatihan. Untuk memprediksi, masukan dua data berurutan untuk mengetahui data prediksinya, misalnya [18980 18990] yang akan menghasilkan.

Cek, apakah benar perkiraan ketiga 19032? Waulahu a’lam, namanya saja prediksi.

Iklan

7 thoughts on “Prediksi dengan Matlab”

  1. Sore Pak Rahmadya, saya bekerja di BMKG, mau melakukan penelitian utk tesis saya, tentang aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan untuk prediksi magnitude dan kedalaman gempabumi, boleh saya minta contoh coding/m file Matlab untuk prediksi menggunakan JST Pak? Terima kasih

    1. kode program tergantung data, variabelnya apa saja, serta data yang akan ditraining, variable + kedalaman gempa. mudah dibuat kode nya, krn tinggal pakai toolbox, hanya saja jika ingin membuat GUI agak lama, tergantung disainnya seperti apa

  2. sore pak, saya kuliah di universitas hasanuddin, saya punya penelitian prediksi hujan dengan data per 30 menit,dengan menggunakan metode extreme learning machine, kalau boleh pak, mungkin ada refrensi untuk mempelajari bagaimana membuat program prediksi menggunakan ELM ? datanya pertahun berkisar antara 20 ribu data, dan jumlahnya pertahun berbeda beda, itu bisa gak di prediksi pak ? lalu untuk menentukan target dan prediktor aturannya gimana ?

      1. iya pak, anak metode dari NN pak, saya juga sudah mencoba menggunakan jst tapi programnya belum bisa , soalnya data pertahun perhari dan bulan jumlahnya berbeda beda, saya masih sementara mempelajari jst pak, dan pembelajaran dari webnya sangat membantu saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s