Fungsi Erase sebagai Reverse Clip di ArcMap

Clip sesuai dengan maknanya adalah memotong. Jadi suatu polygon dapat kita potong menurut bentuk tertentu. Hasil akhirnya adalah polygon yang hanya berada di wilayah yang dijadikan pemotong tersebut. Untuk jelasnya dapat Anda lihat di link resminya ini untuk kasus reverse clip. Apa itu reverse clip? Mudah saja, artinya kebalikan clip jadi pemotongnya malah tidak terdapat polygon atau data dari yang dipotong.

Dalam ArcGIS, fungsi yang digunakan adalah fungsi Erase. Untuk berlatih, misalnya kita sudah memiliki region, katakanlah lokasi yang diperbolehkan untuk membangun seperti gambar berikut ini.

Kemudian ternyata ada aturan bahwa ruang terbuka hijau (RTH) tidak boleh didirikan bangunan untuk menjaga kondisi agar layak dihuni. Polygon dihatas harus dikurangi dengan polygon RTH tersebut.

Seperti biasa search fungsi “erase” untuk memunculkan jendela erase. Pilih shape file yang akan diclip serta shapefile clippernya. Jangan lupa arahkan lokasi shapefile baru hasil erase tersebut. Jika sudah tekan OK dan tunggu hingga proses erase selesai.

Jika berhasil Anda akan memperoleh shapefile baru yang telah dikurangi oleh clipper. Bagi Anda yang akan mengekspor shapefile ke Matlab ada baiknya anda masuk ke Environment dan men-disable z dan m agar dihasilkan polygon 2D karena terkadang Matlab hanya mau polygon saja (bukan polygonZ).

Iklan

2 thoughts on “Fungsi Erase sebagai Reverse Clip di ArcMap”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s