Memetakan Landuse dari Satelite

Untuk mengetahui landuse suatu wilayah kita bisa memesan dari instansi baik swasta maupun pemerintah yang bertanggung jawab menyediakan data-data geografis suatu wilayah, di Indonesia kita mengenal bakosurtanal (www.bakosurtanal.go.id) yang berada di Bogor. Tetapi masalahnya data yang diberikan hanya membedakan secara global seperti bangunan, pertanian, dan sebagainya. Jika kita ingin mengetahui apakah suatu bangunan itu perumahan, rumah sakit, sekolah, atau yang lainnya mau tidak mau kita harus mencari tahu sendiri. Cara mudahnya adalah dengan bantuan google baik google search ataupun google earth. Untungnya ArcGIS sudah menyediakan layanan online tersebut di dalam softwarenya.

Pilih imagery atau Imagery with labels. Sepertinya yang kedua lebih jelas, karena ada labelnya. Zoom ke arah lokasi yang akan dituju, misalnya kota bekasi.

Isi nama yang jelas agar mudah dicari ketika akan kembali lagi ke lokasi tersebut.

Pilih proyeksi sesuai dengan lokasi agar dapat diintegrasikan dengan shapefile lainnya. Klik kanan di peta dan pilih Data Frame Properties. Ini merupakan hal penting, lihat tulisan sebelumnya.

Pilih UTM zona jabotabek, yaitu di daerah S (south), atau sesuai dengan negara Anda tinggal. Ingat !!! bekasi di bumi .. bukan di planet lain.

Tambahkan peta patokan untuk memetakan landuse pertama misalnya residential/perumahan. Jangan lupa simpan terlebih dahulu project Anda untuk jaga-jaga agar jika ada masalah, data tersimpan. Zoom ke arah lokasi yang ingin dilihat:

Mulai menambah satu shapefile baru untuk landuse type resident. Buat dengan format vektor titik (point vector). Cara yang dianjurkan adalah dengan menambah satu file baru di catalog dengan nama dan jenis tertentu.

Beri nama sesuai

Klik Edit untuk mengeset proyeksi sesuai dengan proyeksi basemap dan kawan-kawan. Jika sudah maka satu map baru berformat titik muncul di Table of contents pada layer Anda. Karena saya menggambar lokasi yang berpopulasi rendah, maka saya harus mencari di area yang bisa ditambah perumahan di lokasi tersebut, biasanya di pinggiran kota. Lihat tulisan sebelumnya tentang menggambar polyline jika ingin mengetahui bagaimana menggambar polyline.

Biasanya harus menekan shapefile yang akan diedit agar pilihan menggambar titik muncul.

Karena terlalu banyak jika satu rumah untuk satu titik, maka bisa diwakilkan beberapa rumah untuk satu titik, di sini saya ambil kira-kira sepuluh rumah atau satu blok.

Jangan lupa menghentikan proses editing jika sudah selesai, dilanjutkan dengan menekan tombol simpan ketika muncul pesan untuk menyimpan hasil editing. Edit dengan simbol yang Anda inginkan. Selamat mencoba ..

Iklan

One thought on “Memetakan Landuse dari Satelite”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s