Melihat Perkembangan Landuse dengan Google Earth Pro

Bagi yang memiliki ketertarikan dengan tata kelola penggunaan lahan, ada kabar gembira. Google earth sudah menyediakan fasilitas berupa riwayat perkembangan lahan sejak dari tahun 2001. Google earth pro saat ini sudah bisa diinstal gratis di komputer Anda.

Jika dulu, dengan google earth dari internet, kita bisa mengetahui penggunaan lahan dari citra satelit secara gratis, kini dengan fasilitas historical imagery kita dapat mendata perkembangan wilayah sejak dulu hingga saat ini. Manfaatnya adalah kita dapat memprediksi jumlah gedung, rumah, taman, lahan terbuka, dan lain-lain untuk beberapa tahun ke depan dengan regresi sederhana. Jumlahnya pun cukup akurat hanya saja datanya harus kita kumpulkan sendiri dengan melihat langsung dari image yang diberikan google. Tetapi menurut saya itu lebih akurat dibanding data resmi karena “human error” sekaligus bisa juga tentu saja untuk mengoreksi data tersebut jika kita miliki. Ini adalah stadion kebanggaan orang Bekasiiiiiiiii, saat ini:

Bandingkan dengan di tahun 2003, terutama di bagian atas, yaitu Sumarecon yang masih hijau. Semoga tulisan ini sedikit bermanfaat. Bagi saya sih amat sangat bermanfaat .. he he.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Geographic Information System. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Melihat Perkembangan Landuse dengan Google Earth Pro

  1. Ping balik: Ekspor Shapefile ke KMZ Google Earth | Rahmadya Trias Handayanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.