Wafatnya Raja Thailand di Usia 88 Tahun

Sepertinya saya harus rehat sejenak dari tulisan yang serius-serius, kali ini dengan postingan ringan mengenai wafatnya raja Thailand pada hari kamis kemarin, tanggal 13 Oktober 2016. Saat ini prosesi pemakaman baru saja selesai. Rakyat berbondong-bondong ikut menghadiri acara itu dengan pakaian serba hitam. Hal ini menunjukkan kecintaan mereka terhadap rajanya yang dinilai telah memajukan Thailand. Dengan media online acara tersebut dapat dilihat lewat fasilitas streaming.

Walaupun baru tiga tahun berada di Thailand dalam rangka studi lanjut, saya sudah merasakan kenyamanan dalam naungan raja kharismatik itu. Hanya saja, pasca kudeta militer tahun 2014 yang lalu kebebasan sedikit terganggu karena alasan keamanan, tetapi selama tidak ikut terlibat dalam konflik politik, sepertinya aman-aman saja. Bahkan tindakan proteksi tersebut mampu menstabilkan kehidupan politik dalam negeri Thailand. Rakyat tetap bisa bekerja dan melakukan aktivitas lain dengan normal.

Raja terlama di dunia ini mudah dikenali karena sejak saya SD di era 80-an, SMP, SMA, S1, S2, dan S-S lainnya, buku IPS di sekolah tetap mencantumkan Raja Bhumibol sebagai raja Thailand. Kini penggantinya harus siap menaiki tahta kerajaan dan menghadapi permasalahan-permasalahan yang sama dengan yang di hadapi oleh negara lain saat ini, yaitu pertumbuhan ekonomi yang melambat. Dan mudah-mudahan kejadian ini bisa mengingatkan saya untuk segera lulus, waduh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s