Validasi Hasil Land Use Prediction

Validasi sangat penting dilakukan untuk mengetahui kinerja model yang sedang kita buat. Jika model yang tidak/kurang valid maka tidak baik untuk digunakan meramalkan land use yang akan datang. IDRISI memiliki fungsi VALIDATE untuk menghitung validasi. Prinsip validasi sangat sederhana yaitu hasil peramalan dibandingkan dengan kenyataan. Misal image tahun 2000 dan 2010 digunakan untuk meramalkan tahun 2015, maka selain image tahun 2000 dan 2010, perlu juga disiapkan image tahun 2015.

Dengan mengisi file image hasil prediksi dan image kenyataan di tahun yang sama dengan tahun prediksi, nilai Kappa dapat diketahui. IDRISI mengikuti riset yang dilakukan oleh Pontius (2000) dengan beberapa nilai Kappa, antara lain: Kappa for no information (Kno), Kappa for location (Klocation), Kappa for quantity (Kquantity), Kappa standard (Kstandard). Selain itu juga nilai: value of perfect information of location (VPIL), dan value of perfect information of quantity (VPIQ).

Selain dengan Kappa, metode lain untuk mengetahui validasi adalah dengan Relative Operating Characteristic (ROC). Prinsipnya adalah dengan probabilitas kejadian dengan nilai boolean yang biasanya ketika prediksi dengan MARKOV. Validasi yang menggunakan ROC dikenal dengan istilah Area Under ROC (AUC).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s