Menulis Kalimat yang Efektif, Bag 5 –Pola Tulisan

Setelah melakukan studi literatur atau lewat media lainnya, penulis harus bisa menentukan pola tulisan yang akan dibuat selain style/gaya bahasa (lihat postingan yang lalu). Hasil catatan mungkin berupa penjelasan terhadap sesuatu, perbandingan, kontradiksi terhadap dua obyek, dan lain-lain. Akhirnya penulis diminta menentukan pola yang cocok dibanding pola-pola lainnya yang mungkin. Ada beberapa pola yang sering digunakan antara lain: ilustrasi, perbandingan dan kontras, analogi, klasifikasi, proses, dan sebab-akibat. Berikut ini penjelasannya (McCrimmon).

Ilustrasi

Pola ini merupakan pola yang paling sederhana. Pola yang sangat elastis ini bisa satu kalimat, satu paragraf bahkan esai dengan empat ribu hingga lima ribu kata. Bentuk standarnya adalah satu topic sentence dikembangkan dengan beberapa contoh yang memperjelas topic sentence tersebut.

Perbandingan dan Kontras

Perbandingan dan kontras membutuhkan analisa untuk menemukan persamaan dan perbedaan dari dua atau lebih obyek yang akan dibahas. Perbandingan menekankan pada persamaan dan sebaliknya kontras menekankan pada perbedaan. Namun dalam proses berfikir, keduanya dilakukan secara bersamaan. Sementara untuk menuangkannya dalam sebuah tulisan ada dua cara utama. Cara pertama dan yang termudah adalah pole pemisahan. Pola ini membahas semua hal tentang A, dan dilanjutkan dengan semua hal tentang B. Sementara cara kedua sedikit lebih kompleks yang dikenal dengan pola alternatif. Perbandingan dan kontras dilakukan secara point-to-point: A-B, A-B, dan seterusnya sebanyak mungkin pasangan-pasangan yang mungkin untuk ditulis.

Analogi

Analogi merupakan pola yang mirip perbandingan. Bedanya di sini obyek tertentu dibandingkan dengan obyek lain dalam hal tertentu yang mungkin tidak sama dalam hal lainnya. Pola ini kerap diistilahkan dengan metafora dan cocok diterapkan untuk tulisan berjenis expository yang membahas tema-tema abstrak.

Klasifikasi

Klasifikasi adalah pola yang menggabungkan obyek tertentu yang dianggap memiliki kesamaan hal tertentu. Klasifikasi sangat bermanfaat untuk mengutarakan suatu pandangan baru terhadap tema tertentu. Biasanya sebelum mengklasifikasi, penulis harus mampu membuat kategori-kategori terlebih dahulu. Secara umum polanya adalah sebagai berikut. Pertama-tama pengarang memperkenalkan beberapa tipe/kategori. Berikutnya menjelaskan karakteristik tipe pertama dan contoh-contohnya dilanjutkan dengan tipe kedua dan seterusnya hingga seluruh kategori.

Proses

Pola operasi menggambarkan urutan aksi/operasi terhadap suatu hal yang terjadi. Perkembangan embriyo manusia, prosedur pemilihan presiden, dan lain-lain merupakan contoh yang sering dibuat dengan tulisan berpola proses. Langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh penulis pertama-tama mempelajari proses secara keseluruhan. Kedua, dia harus mampu membagi proses itu menjadi tahapan-tahapan. Terakhir, penulis juga harus mempu penjelaskan tahapan-tahapan tersebut senyata mungkin seolah-oleh pembaca melihat langsung apa yang terjadi.

Sebab Akibat

Jika pada pola proses penulis memecah tahapan-tahapan terhadap terjadinya suatu, pola sebab-akibat harus mengetahui hubungan sebab-akibat antara tahapan-tahapan tersebut. Mula-mula sebab awal diketahui terlebih dahulu. Setelah itu penulis menunjukan tahapan-tahapan menuju efek yang dihasilkan dari sebab tersebut. Tetapi terkadang ada polasebaliknya, yaitu dari efek menuju sebab. Biasanya membutuhkan rantai alasan sebagai contoh: lampu padam karena listrik mati, berikutnya kulkas tidak berfungsi yang mengakibatkan makanan yang ada di dalamnya busuk.

Semoga sedikit banyak dapat bermanfaat. Selamat menulis.

Iklan

One thought on “Menulis Kalimat yang Efektif, Bag 5 –Pola Tulisan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s