Problem Background Error Saat Prediksi dengan LCM IDRISI

Land Change Modeller (LCM) merupakan fasilitas yang ada di IDRISI untuk memodelkan perubahan lahan. Lahan di masa yang akan datang dengan data yang ada sebelumnya dapat diperlihatkan. Salah satu masalah yang sering muncul adalah adanya ketidak akuratan pada background seperti di bawah ini. Tetapi terkadang hasil proyeksinya benar. Postingan berikut salah satu cara untuk memperbaikinya. Mungkin ada yang punya cara lain silahkan share di komentar.

Untuk memperbaikinya selama ini saya menggunakan fungsi OVERLAY yang ada di IDRISI. Caranya adalah menjumlahkan image yang error tersebut dengan study area sesunggunya (gambar sebelah kanan). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Reclassify Projected Land Cover

Langkah ini adalah menambah kategori hasil prediksi untuk menyimpan hasil penjumlahan/overlay dengan study area. Perhatikan gambar hasil reclassify di sebelah kanan. Kategori 1 dan 2 adalah background (=1), kategori 3 dan 4 adalah agriculture (=2), dan seterusnya.

Fungsinya adalah menampung hasi overlay. Jika Built-up yang dengan kategori baru =7 dijumlahkan dengan background study area (=0), hasilnya adalah 7 maka akan dikonversikan menjadi background. Hasilnya adalah nanti diharapkan built-up yang menjadi background (sumber masalah) tidak ada lagi.

2. Overlay dengan Study Area

Fungsi overlay dapat diakses di “menu” – “GIS analysis” – “Mathematical Operation” – “Overlay”. Masukan dua input yaitu study area dan hasil reclassify di atas. Ganti nama dengan yang baru, di sini saya hanya menambahkan “Update” ke berapa di akhir nama image.

3. Mengembalikan Kategori ke Kondisi Awal dengan Reclassify

Dengan mengembalikan kategori yang sesuai diperoleh hasil akhir yang tidak ada lagi background yang error. Perhatikan di sini kategori 7 harus dikonversi menjadi background.

Perhatikan bagian background (atas) sudah diperbaiki. Sekian, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s