Fasilitas Mencari Jurnal yang Cocok untuk Publikasi di Elsevier

Memilih jurnal yang tepat merupakan aspek penting dalam keberhasilan publikasi. Terkadang suatu artikel ditolak bukan karena kontennya melainkan ketidakcocokan antara tulisan dengan jurnal yang dituju. Biasanya untuk mahasiswa doktoral yang akan mempublikasikannya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dosen pembimbing yang berpengalaman dalam hal pemilihan jurnal sasaran, yang tentu saja terkadang ada aturan-aturan jurnal yang diperbolehkan dan yang dilarang. Untuk dosen atau peneliti yang tidak sedang S3 mau tidak mau harus memilih sendiri. Daripada sekedar “gambling” atau untung-untungan, ada baiknya menggunakan cara cepat yaitu dengan fasilitas yang ada di Elsevier, induk dari pengindeks “Scopus”.

Langkah pertama adalah masuk ke situs resmi untuk mencari jurnal yang cocok di link berikut ini. Masukan yang dibutuhkan adalah judul dan abstract jurnal yang akan disubmit. Selain pilihan bidang ilmu yang dituju, ternyata ada pilihan untuk jurnal-jurnal yang “Open access” juga. Berikut ini saya coba untuk mencari jurnal yang cocok untuk samplenya (judul dan abstract tulisan saya yang lalu).

Setelah ditekan “Find Journal’ maka muncul daftar/list jurnal yang cocok. Tampak salah satu targeted jurnal saya, “Habitat Internasional”, yang ternyata ada option untuk berbayarnya. Hmm, silahkan mencoba. Tetapi apakah aman? Karena khawatir abstract dan judul kita terekam di Elsevier, semoga saja aman. Toh itu hanya abstract.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s