Ekspor Land Use dari ArcGIS ke IDRISI

Terkadang peta Land Use (LU) perlu disisipkan dalam Land Cover (LC) dari pengolahan citra satelit (lihat postingan yg lalu tentang LU dan LC). LU sendiri diambil dari sumber lain selain citra satelit antara lain: data pemerintah, data dari swasta (lihat link ini sebagai contoh), dan sumber-sumber lain (google earth, google street view, dan sejenisnya).

1. Konversi dari Point ke polygon

Seharusnya LU berupa format polygon, mengikuti struktur bangunan itu sendiri. Tetapi jika rumit, bisa diambil pendekatan berupa titik tertentu, kemudian dikonversi menjadi polygon dengan fungsi “buffer”. Biasanya diambil kira-kira untuk pabrik misalnya 100 meter. Gambar berikut memperlihatkan buffering lokasi komersial (pasar, mall, pertokoan, dan sejenisnya).

2. Konversi dari Polygon ke Raster

Karena hasil pengolahan citra IDRISI berformat raster (*.rst) maka peta LU harus dikonversi lagi dari polygon ke raster dengan fungsi “polygon to raster” pada ArcGIS. Perhatikan bagian “Cellsize”, gunakan template dari image yang digunakan Land Cover.

Uniknya walaupun kita menggunakan cellsize yang sama, ternyata hasilnya masih kurang akurat jika dibanding dengan menggunakan LC yang akan disisipi menjadi template.

3. Konversi dari Raster ke ASCII

Data raster yang dihasilkan ArcGIS harus dikonversi ke ASCII agar bisa digunakan oleh IDRISI (dengan cara import). Oleh karena itu gunakan fungsi “raster to ascii” yang berada di menu conversion pada toolbox ArcGIS. Jangan lupa, gunakan environment dan pilih proyeksi yang sama dengan LC yang akan disisipi.

4. Impor dari ASCII ke Image pada IDRISI

Terakhir, buka IDRISI dan ambil fungsi ARCRASTER untuk mengimpor image dari ArcGIS. Pilih radio button terakhir yang mengkonversi dari Ascii format Idrisi.

Jangan lupa Output reference dipilih (defaultnya plane) sesuai dengan proyeksi study area. Jika sudah, gambar image berformat rst siap digunakan. Selanjutnya akan diposting bagaimana merger dua image.

Video tutorial berikut mungkin bermanfaat:

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Geographic Information System, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.