Konversi Piksel ke Area

Ketika melakukan manipulasi image terkadang diminta mempresentasikan area lahan dalam hektar. Padahal data raster format yang biasanya digunakan adalah piksel. Bagaimana menghitungnya? Postingan berikut ini bermaksud sharing bagaimana menghitung luas suatu kelas land use (LU) dalam image yang kita miliki.

Untuk data polygon, postingan yang lalu sedikit mengulas bagaimana menghitung suatu area tertentu dalam software ArcGIS. Untuk menghitung area, cara yang praktis adalah dengan menggunakan “crostab” di IDRISI atau “tabulate area” di ArcGIS. Prinsip penggunaannya baik ArcGIS maupun IDRISI sama saja. Tabulasikan saja dua image yang sama.

Untuk ArcGIS caranya tidak jauh berbeda, yang penting nanti dihasilkan tabel tabulasi. Di sini baik first image maupun second image menggunakan image yang sama. Tekan “OK” dan dihasilkan tabel di bawah ini.

Perhatikan tabel di atas. Dari 7 kelas, tampak total pikselnya. Karena kelas “1” adalah “background” yang tidak dihitung, maka total piksel study area adalah total piksel dikurangi background. Gunakan kalkulator atau Microsoft Excel agar tidak salah. Di sini total piksel study area adalah 452.570 dikurangi dengan 212.255 yakni sebesar 420.315 piksel yang setara dengan luas study area contoh di atas, yaitu kota Bekasi sebesar 21049 hektar. Jadi jika diminta menghitung berapa hektar kelas “7” misalnya maka jawabannya adalah 2067 * (21049/420315) = 103,51 hektar. Mudah bukan?

Note: jika diminta dalam satuan km persegi, mudah saja. Bagi saja dengan 100 hasil di atas, yakni menjadi sebesar 1.0351 km2.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s