Registrasi Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) Online Ristek-Dikti

Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) merupakan seberapa dekat hasil penelitian untuk diterapkan baik di industri atau institusi yang membutuhkan teknologi yang dibuat. TKT ini diadopsi dari NASA menurut informasi dari peraturan menteri ristek-dikti berikut ini.

Karena saat ini dosen wajib meneliti maka otomatis harus mendaftar/registrasi ke situs TKT Ristek Dikti (Oiya, selamat yang baru saja cair dana hibahnya .. he he). TKT online ini tidak kalah pentingnya dengan SINTA (postingan yang lalu). Silahkan login dan bila belum mendaftar, postingan ini bermaksud memberi gambaran bagaimana mendaftar/registrasi ke TKT online ini.

A. Masuk ke Situs TKT Online

Ketika masuk ke situs: http://tkt.ristekdikti.go.id ada pilihan untuk mengklik registrasi (sepertinya tampilannya saat ini berubah, tidak seperti gambar di bawah ini.

Berikutnya kita diminta memasukan Email (tidak harus email kampus) dilanjutkan dengan meng-klik “DAFTAR”.

B. Memasukan Email

Kemudian cek email yang baru saja diinput. Pastikan userID dan Password tertera di email dari TKT online. Gunakan user dan password tersebut untuk Login ke TKT online.

C. Mengisi Profil Peneliti

Pastikan bisa login untuk mengisi profil dan teknologi yang akan didaftarkan nilai TKT-nya. Ketika mengisi institusi, jika dosen pilih kampus dan pastikan nama universitas/kampus ada dalam pilihannya (tidak diisi manual). Setelah itu “SIMPAN” dan kita siap menginput teknologi yang akan dilaporkan skor TKT-nya.

Masukan data teknologi hasil penelitian dengan meng-klik “UKUR TKT” di atas paling kanan. Isi form yang disediakan berdasarkan hasil penelitian terdahulu, gunakan saja SIMLITABMAS sebagai patokan.

Jika belum mengerti cara mengukur diri (self assesment), gunakan “INDIKATOR TKT” untuk mengetahui indikator-indikator yang dijadikan patokan dalam menentukan skor TKT kita. Misalnya untuk TKT 7, untuk TIK – software, sudah diterapkan dalam lingkungan operasiona yang minim penyimpangan. Perangkat lunak sudah dijalankan dalam hardware dan diuji dalam lingkungan sesungguhnya. Selamat mendaftar.

Silahkan baca-baca panduan TKT online berikut ini secara lengkap:

Atau paparan secara ringkasnya:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s