Registrasi ke Sinta (Science & Technology Index)

Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Ristek-dikti) mulai memberlakukan sistem pengindeks khusus dosen di Indonesia yang dikenal dengan nama SINTA (lihat link-nya di sini). Ketika masuk ke situs itu, beberapa peneliti dengan h-indeks (standar google scholar) yang tinggi sudah dimasukan, sementara itu saya yang h-indeksnya masih kecil belum dimasukan. Rencananya, verifikasi akan dilaksanakan bulan April 2017 nanti (info dari SINTA via email). Akan tetapi sebaiknya kita daftarkan nama kita yang sudah tercantum.

Secara default, SINTA mengambil data NIDN, nama, dan affiliation dari forlap dikti. Untuk registrasi, kita tinggal mengarahkan nama dan NIDN yang sesuai. Untuk registrasi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke menu registrasi (klik registrasi). Anda akan diminta memasukan Affiliation dan nama. Affiliation di sini berarti Home Base NIDN kita. Ketika mengisi afiliasi, pastikan muncul nama kampus (pull down), lalu tekan kampus yang dimaksud (tidak mengetik manual).

2. Setelah ditemukan tekan tombol registration di bawah nama Author. Maka berikutnya masuk ke isian detail data Author tersebut. Ada dua data penting, yaitu personal yang di sebelah kiri dan umum di sebelah kanan (NIDN, ID index yang lain – Inasti ID, Scopus ID, Google Scholar dan IPI Author portal Garuda). Untuk yang personal isi dengan lengkap gelar dan Email untuk aktivasi nanti. Sementara wilayah yang sebelah kanan sedikit butuh pengetahuan mengenai indexer selain SINTA.

3. Yang pertama adalah Inasti ID. Indexer ini sepertinya bawaan SINTA yang dikelola LIPI. Nama saya tidak ada di situ, mungkin karena belum diverifikasi.

4. Berikutnya adalah, indexer yang banyak dipakai orang, yaitu Google Scholar. Cara melihatnya adalah dengan login ke google scholar, kemudian ambil ID di antara user= dan &hl. Cukup mudah tetapi prakteknya butuh kejelian. Oiya, jangan sampai &hnl ikut tercantum ya.

5. Scopus ID. ID yang terkenal ini untuk membukanya sedikit rumit jika kita tidak pernah menjadi penulis pertama. Lihat postingan saya terdahulu untuk mengetahuinya. Tentu saja jika Anda belum pernah menjadi Author maupun Co-Author, tidak akan memiliki Scopus ID. Tetapi jangan khawatir, Anda tetap bisa registrasi. Kosongkan saja bagian Scopus ID ini.

6. Berikutnya adalah IPI Author ID yang berasal dari Portal Garuda. Kebanyakan dosen sudah memiliki ID karena kebanyakan sudah mempublikasikan tulisan di jurnal nasional ber-ISSN. Ikuti saja link-nya dengan menekan simbol tanda tanya “?” di sebelah kanan isian. Isi nama, dan afiliasi jika perlu.

Lanjutkan dengan menekan tombol Register. Setelah langkah satu hingga enam, buka email yang merupakan email yang tadi dituliskan di kolom personal di bagian kiri. Tekan tombol Activation dari email yang sudah tiba. Selesai sudah registrasi ke sistem pengindeks peneliti asli Indonesia.

Update: 5 Mei 2017

Sinta sepertinya sudah diverifikasi, untuk yang belum daftar masih bisa registrasi susulan, bahkan id scopus langsung terkoneksi tidak seperti sayayang baru scholar google saja, tetapi bisa diajukan ulang untuk verifikasi scopusnya.

sinta

Berikut instruksi dari RISTEK-DIKTI untuk yang belum registrasi untuk segera registrasi.

Silahkan LINK BERIKUT untuk lebih jelasnya, dari Univ Islam Sultan Agung

Update: 24 Mei 2017

Setelah mengirim email ke djrisbang (lihat email lengkapnya di surat edaran di atas) akhirnya scopus saya bisa terkoneksi ke sinta saya. Trims bpk Witno (admin sinta), atas bantuannya.

Sinta Profile with Scopus

Update 18 Juli 2017

Ada sedikit perubahan tampilan Sinta di bagian Author kampus. Dosen yang tidak terindeks scopus pun muncul score di kanan walaupun nol semua. Sepertinya dosen dipaksa untuk publis Jurnal Internasional yang terindeks scopus juga (tidak hanya Google scholar).

Sinta with zero google and scopus

Update: 4 Agustus 2017

Ada informasi bahwa publikasi Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dan Vietnam. Tinggal menunggu waktu saja sepertinya untuk mengalahkan Malaysia dan Singapura, semoga. Tampilan Sinta yang baru ok juga, walaupun sitasi terakhir saya belum terekap:

sinta

Update: 9 Agustus 2017

Info terbaru, Sinta membuka registrasi kembali untuk yang belum sempat registrasi. Silahkan daftar.

sinta registration

Update: 19 Agustus 2017

Sinta versi 2 (sinta2) sepertinya sudah OK, h-index scopus sudah terupdate (tadinya h-index=1 jadi 2). Sepertinya sudah terkoneksi online, kita tunggu saja perkembangannya, yg menurut saya sih sudah ok.

my sinta2

Iklan

29 thoughts on “Registrasi ke Sinta (Science & Technology Index)

  1. Assalamu’alaikum Pak .

    Saya linda dri unmuh sby. Kita dulu satu kelas saat pelatihan bahasa ugm tahun 2011.

    Minta tlg donk dibantu.. saya udah daftar sinta sejak 15 april 2017 tpi sampai saat ini ( 5 juni 2017) belum diverifikasi . Boleh ya minta cp sinta.. kayaknya bpk nyebut nama di artikel ini.hehehe.. thx

    Ini no wa saya 085648101027.

  2. Mohon infonya Pak, kenapa sitasi saya yang di google scholar tidak otomatis masuk ke akun sinta saya ya? apa perlu di sinkronisasi? jika iya, bagaimana ya caranya? mohon direspon via email saya pak. terimakasih sebelumnya.

    • saya mengirim email ke djrisbang (lihat di surat edaran kemristekdikti tentang pendaftaran sinta di bagian bawah postingan saya – preview pdf)

  3. assalamualaikum, selamat pagi, siang, sore, malam (sesuai kapan dibaca)

    saya mau nanya ni min, sy udh daftar sinta, cuman kmren sy di universtias A, dan sekarang di universitas B, gmna caranya utk memindahkan affiliasi ny ya min??
    mohon bantuan nya min
    terimakasih banyak sebelumnya

    • salam. sinta mengambil data dosen dari forlap, kalau pindah kampus dan forlapnya sudah pindah sepertinya berubah. tapi sepertinya tiap pembukaan periode registrasi sinta tidak langsung online ke data yg ditarik (misal scopus). Tapi ntah kalau forlap apa langsung terhubung (jika forlap berubah, sinta berubah juga affiliation-nya). saran saya cek di sinta2, jika masih belum berubah juga email ke helpdesk

  4. Selamat siang
    mau tnya klo registrasi sinta bkn menggunkan email institusi bgmna ya? msh bs d verifikasi tdk? kira2 proses verifikasi nya berapa lama?

    Terima kasih.

    • gmail aja bisa, hanya saja butuh google scholar kan dan daftar google scholer harus email institusi (walaupun boleh nitip email orang untuk aktivasi aja).

  5. Selamat malam pak, saya pengajar dari Politeknik Negeri Tanah Laut. Ketika saya ingin registrasi ke Sinta dan saya masukkan NIDN saya, ternyata Sinta tidak membaca NIDN saya. NIDN saya adalah 0003078804 dan bisa dicek di forlap dikti, tapi yang terbaca di Sinta hanya 0003078801 dan 0003078802. Saya pikir tidak masalah jika saya memasukkan NIDN tersebut, yaitu 0003078804. Tapi ternyata tidak bisa. Mohon bimbingannya pak, apa yang harus saya lakukan. Terima kasih, selamat malam.

    • supaya tersitasi di suatu index, misal scholar, baik pensitasi maupun yang disitasi naskahnya harus terindeks di scholar. begitu juga index yang lain, misal scopus. Jika naskah yg terindeks di scholar tetapi tidak terindeks di scopus mensitasi naskah terindeks scopus, jumlah sitasi naskah yg terindeks scopus tidak bertambah (dianggap tidak disitasi). Biasanya, yang terindeks scopus otomatis terindeks Google scholar, tapi tidak sebaliknya.

  6. assalamualaikum , mohon maaf saya mau nanya , untuk portal garuda harus diisi atau tidak ? saya sudah mendaftar akun sinta tetapi akunnya belum diverifikasi karena IPI belum saya isi apakah pengaruh verifikasi ? terima kasih

    • Rekan saya yang tidak punya ID IPI dan Scopus berhasil terverifikasi. Syarat utama sepertinya Google scholar. Tunggu saja mungkin antri.

  7. Mohon petunjuknya. sya sudah daftar, namun hingga sekarang belum tervefifikasi sehingga tulisan saya di google scholar belum termuat di sinta. bagaimana caranya supaya bisa terverifikasi. terima kasih

    • Sepertinya sedang proses dan antri. Kalau sudah terverifikasi data di Google scholar dan index lainnya jika ada, akan ditarik Sinta. Bisa juga iseng email ke helpdesk yang emailnya ada di bagian bagian FAQ. Ada juga pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan ke helpdesk sinta. (email: hdsinta@ristekdikti.go.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s