Registrasi ke Sinta (Science & Technology Index)

Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Ristek-dikti) mulai memberlakukan sistem pengindeks khusus dosen di Indonesia yang dikenal dengan nama SINTA (lihat link-nya di sini). Ketika masuk ke situs itu, beberapa peneliti dengan h-indeks (standar google scholar) yang tinggi sudah dimasukan, sementara itu saya yang h-indeksnya masih kecil belum dimasukan. Rencananya, verifikasi akan dilaksanakan bulan April 2017 nanti (info dari SINTA via email). Akan tetapi sebaiknya kita daftarkan nama kita yang sudah tercantum.

Secara default, SINTA mengambil data NIDN, nama, dan affiliation dari forlap dikti. Untuk registrasi, kita tinggal mengarahkan nama dan NIDN yang sesuai. Untuk registrasi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke menu registrasi (klik registrasi). Anda akan diminta memasukan Affiliation dan nama. Affiliation di sini berarti Home Base NIDN kita. Ketika mengisi afiliasi, pastikan muncul nama kampus (pull down), lalu tekan kampus yang dimaksud (tidak mengetik manual).

2. Setelah ditemukan tekan tombol registration di bawah nama Author. Maka berikutnya masuk ke isian detail data Author tersebut. Ada dua data penting, yaitu personal yang di sebelah kiri dan umum di sebelah kanan (NIDN, ID index yang lain – Inasti ID, Scopus ID, Google Scholar dan IPI Author portal Garuda). Untuk yang personal isi dengan lengkap gelar dan Email untuk aktivasi nanti. Sementara wilayah yang sebelah kanan sedikit butuh pengetahuan mengenai indexer selain SINTA.

3. Yang pertama adalah Inasti ID. Indexer ini sepertinya bawaan SINTA yang dikelola LIPI. Nama saya tidak ada di situ, mungkin karena belum diverifikasi.

4. Berikutnya adalah, indexer yang banyak dipakai orang, yaitu Google Scholar. Cara melihatnya adalah dengan login ke google scholar, kemudian ambil ID di antara user= dan &hl. Cukup mudah tetapi prakteknya butuh kejelian. Oiya, jangan sampai &hnl ikut tercantum ya.

5. Scopus ID. ID yang terkenal ini untuk membukanya sedikit rumit jika kita tidak pernah menjadi penulis pertama. Lihat postingan saya terdahulu untuk mengetahuinya. Tentu saja jika Anda belum pernah menjadi Author maupun Co-Author, tidak akan memiliki Scopus ID. Tetapi jangan khawatir, Anda tetap bisa registrasi. Kosongkan saja bagian Scopus ID ini.

6. Berikutnya adalah IPI Author ID yang berasal dari Portal Garuda. Kebanyakan dosen sudah memiliki ID karena kebanyakan sudah mempublikasikan tulisan di jurnal nasional ber-ISSN. Ikuti saja link-nya dengan menekan simbol tanda tanya “?” di sebelah kanan isian. Isi nama, dan afiliasi jika perlu.

Lanjutkan dengan menekan tombol Register. Setelah langkah satu hingga enam, buka email yang merupakan email yang tadi dituliskan di kolom personal di bagian kiri. Tekan tombol Activation dari email yang sudah tiba. Selesai sudah registrasi ke sistem pengindeks peneliti asli Indonesia.

Update: 5 Mei 2017

Sinta sepertinya sudah diverifikasi, untuk yang belum daftar masih bisa registrasi susulan, bahkan id scopus langsung terkoneksi tidak seperti sayayang baru scholar google saja, tetapi bisa diajukan ulang untuk verifikasi scopusnya.

sinta

Berikut instruksi dari RISTEK-DIKTI untuk yang belum registrasi untuk segera registrasi.

Silahkan LINK BERIKUT untuk lebih jelasnya, dari Univ Islam Sultan Agung

Update: 24 Mei 2017

Setelah mengirim email ke djrisbang (lihat email lengkapnya di surat edaran di atas) akhirnya scopus saya bisa terkoneksi ke sinta saya. Trims bpk Witno (admin sinta), atas bantuannya.

Sinta Profile with Scopus

Update 18 Juli 2017

Ada sedikit perubahan tampilan Sinta di bagian Author kampus. Dosen yang tidak terindeks scopus pun muncul score di kanan walaupun nol semua. Sepertinya dosen dipaksa untuk publis Jurnal Internasional yang terindeks scopus juga (tidak hanya Google scholar).

Sinta with zero google and scopus

Update: 4 Agustus 2017

Ada informasi bahwa publikasi Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dan Vietnam. Tinggal menunggu waktu saja sepertinya untuk mengalahkan Malaysia dan Singapura, semoga. Tampilan Sinta yang baru ok juga, walaupun sitasi terakhir saya belum terekap:

sinta

Update: 9 Agustus 2017

Info terbaru, Sinta membuka registrasi kembali untuk yang belum sempat registrasi. Silahkan daftar.

sinta registration

Update: 19 Agustus 2017

Sinta versi 2 (sinta2) sepertinya sudah OK, h-index scopus sudah terupdate (tadinya h-index=1 jadi 2). Sepertinya sudah terkoneksi online, kita tunggu saja perkembangannya, yg menurut saya sih sudah ok.

my sinta2

Update: 19 November 2017

Ide yang bagus dari Sinta untuk menambah desimal pada skor Sinta (dua angka di belakang koma). Manfaatnya untuk melihat lebih detil performa peneliti.

sinta detail

Update: 14/2/2018

Kampus akhirnya dilibatkan untuk verifikasi akun Sinta. Sepertinya mirip evaluasi diri dan akurasi data dosen-dosennya yang terdaftar di Sinta (juga jurnal2nya). Berikut infonya:

Update: 19/3/2018

Kelanjutan dari verifikator sinta di level universitas masing-masing, ristekdikti mengadakan pelatihan verifikator sinta tgl 15-16 Maret di Bandung. Satu hal yang bisa jadi informasi perhitungan skor sinta adalah:

Skor =  (Ax40 + Bx15 + Cx1 + Dx4 + Ex4 + Fx16)/Pembagi

Dimana A: Artikel jurnal di Scopus, B: Dokumen non jurnal di Scopus, C: Jumlah sitasi di Google scholar, D: Jumlah sitasi di Scopus, E: H-index di Google Scholar, F: H-index Scopus. Pembagi belum pasti, saat ini: 102. Tapi kok saya lebih kecil dari rumus itu ya? mungkin belum semua ketarik (scopus dan scholarnya)

perhitungan sinta

Update: 31 Juli 2018

Protes-protes terhadap SCOPUS yang kapitalis ternyata tidak menyurutkan Kemristekdikti akan peran pengindeks ternama itu. Bahkan sistem informasi hibah SIMLITABMAS menarik data SCOPUS dari Sinta sebagai pertimbangan dalam eligible atau tidak seorang dosen untuk mengajukan proposal. Untungnya Sinta mudah disinkronasi karena dilakukan oleh pejabat yang ditunjuk pada tiap-tiap kampus. Berikut tampilan baru SIMLITABMAS yang telah menarik data dari Sinta. Letaknya di bawah profil di SIMLITABMAS kita.

Sinta on SIMLITABMAS

Update: 5 Maret 2019 : Web of Science

Lama tidak membuka Sinta, ternyata ada sedikit modifikasi pada sisi indeksasi. Salah satu pengindeks ternama, yaitu Web of Science, atau yang dikenal dengan Thomson Reuters masuk dalam Sinta. Lokasinya berada di bagian kanan pada overall baik di institusi maupun di individu (peneliti). Ternyata tidak semua yang terindeks Scopus terindeks di Web of Science.

web of science in sinta

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

119 Balasan ke Registrasi ke Sinta (Science & Technology Index)

  1. Linda berkata:

    Assalamu’alaikum Pak .

    Saya linda dri unmuh sby. Kita dulu satu kelas saat pelatihan bahasa ugm tahun 2011.

    Minta tlg donk dibantu.. saya udah daftar sinta sejak 15 april 2017 tpi sampai saat ini ( 5 juni 2017) belum diverifikasi . Boleh ya minta cp sinta.. kayaknya bpk nyebut nama di artikel ini.hehehe.. thx

    Ini no wa saya 085648101027.

  2. wawan berkata:

    Mohon infonya Pak, kenapa sitasi saya yang di google scholar tidak otomatis masuk ke akun sinta saya ya? apa perlu di sinkronisasi? jika iya, bagaimana ya caranya? mohon direspon via email saya pak. terimakasih sebelumnya.

  3. indikreatif berkata:

    pak, emai dari djrisbang apa ya..
    saya juga mau agar data scopus saya di update di informasi sinta. terimakasih

    • rahmadya berkata:

      saya mengirim email ke djrisbang (lihat di surat edaran kemristekdikti tentang pendaftaran sinta di bagian bawah postingan saya – preview pdf)

  4. indikreatif berkata:

    pak, email djrisbang apa ya..
    saya juga mau agar data scopus saya diupdate di informasi akun sinta. terimakasih.

  5. Ping balik: Registrasi Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) Online Ristek-Dikti | Rahmadya Trias Handayanto

  6. Ping balik: Melihat Rangking Jumlah Publikasi Jurnal Internasional Peneliti Indonesia | Rahmadya Trias Handayanto

  7. Nasrun Avara Marpaung berkata:

    assalamualaikum, selamat pagi, siang, sore, malam (sesuai kapan dibaca)

    saya mau nanya ni min, sy udh daftar sinta, cuman kmren sy di universtias A, dan sekarang di universitas B, gmna caranya utk memindahkan affiliasi ny ya min??
    mohon bantuan nya min
    terimakasih banyak sebelumnya

    • rahmadya berkata:

      salam. sinta mengambil data dosen dari forlap, kalau pindah kampus dan forlapnya sudah pindah sepertinya berubah. tapi sepertinya tiap pembukaan periode registrasi sinta tidak langsung online ke data yg ditarik (misal scopus). Tapi ntah kalau forlap apa langsung terhubung (jika forlap berubah, sinta berubah juga affiliation-nya). saran saya cek di sinta2, jika masih belum berubah juga email ke helpdesk

  8. ratno agriyanto berkata:

    kenapa sinta lama verifikasinya

  9. erry purnomo berkata:

    Assalamu Alakum wr wb. mohon infonya tentang mengapa sitasi saya yang di google scholar tidak otomatis masuk ke akun sinta saya. salam erry

  10. Ika Herlina berkata:

    Selamat siang
    mau tnya klo registrasi sinta bkn menggunkan email institusi bgmna ya? msh bs d verifikasi tdk? kira2 proses verifikasi nya berapa lama?

    Terima kasih.

    • rahmadya berkata:

      gmail aja bisa, hanya saja butuh google scholar kan dan daftar google scholer harus email institusi (walaupun boleh nitip email orang untuk aktivasi aja).

  11. Jaka Permadi berkata:

    Selamat malam pak, saya pengajar dari Politeknik Negeri Tanah Laut. Ketika saya ingin registrasi ke Sinta dan saya masukkan NIDN saya, ternyata Sinta tidak membaca NIDN saya. NIDN saya adalah 0003078804 dan bisa dicek di forlap dikti, tapi yang terbaca di Sinta hanya 0003078801 dan 0003078802. Saya pikir tidak masalah jika saya memasukkan NIDN tersebut, yaitu 0003078804. Tapi ternyata tidak bisa. Mohon bimbingannya pak, apa yang harus saya lakukan. Terima kasih, selamat malam.

    • rahmadya berkata:

      sepertinya harus menghubungi helpdesk-nya. di satu sisi ada yg namanya dobel, ada yang tidak ada namanya. info dari rekan, email ke helpdesk direspon dengan baik waktu itu, bisa dicoba.

      • Jaka Permadi berkata:

        Baik pak terima kasih banyak pak

      • Beatus M. Laka berkata:

        Pak…. saya juga punya problem sama seperti pak Jaka, saya pengajar di STKIP Biak dan sudah miliki NIDN 1402088801 tetapi tidak terbaca oleh Sinta pada hal Google scholar sudah punya id tapi waktu masuk tidak terbaca mohon petunjuk….terima kasih

      • rahmadya berkata:

        banyak yang salah memasukan ID google, harusnya dengan http:// lengkap tapi hanya ID saja, klik simbol ? di samping isian untuk jelasnya.
        Tapi jika sudah benar, sepertinya ada masalah saat verifikasi, perlu menghubungi helpdesk

  12. Ping balik: Registrasi ke Sinta (Science & Technology Index) | Info Pegawai Negeri

  13. Achmad daengs gs berkata:

    Assalamualaikum wrwb,bgmn caranya klo saya mau mencitasi peneltiannya dosen lain dan atau sebaliknya langkah2 nya apa saja

    • rahmadya berkata:

      supaya tersitasi di suatu index, misal scholar, baik pensitasi maupun yang disitasi naskahnya harus terindeks di scholar. begitu juga index yang lain, misal scopus. Jika naskah yg terindeks di scholar tetapi tidak terindeks di scopus mensitasi naskah terindeks scopus, jumlah sitasi naskah yg terindeks scopus tidak bertambah (dianggap tidak disitasi). Biasanya, yang terindeks scopus otomatis terindeks Google scholar, tapi tidak sebaliknya.

  14. Pratiwi Putri berkata:

    assalamualaikum , mohon maaf saya mau nanya , untuk portal garuda harus diisi atau tidak ? saya sudah mendaftar akun sinta tetapi akunnya belum diverifikasi karena IPI belum saya isi apakah pengaruh verifikasi ? terima kasih

    • rahmadya berkata:

      Rekan saya yang tidak punya ID IPI dan Scopus berhasil terverifikasi. Syarat utama sepertinya Google scholar. Tunggu saja mungkin antri.

  15. Sudirman berkata:

    Mohon petunjuknya. sya sudah daftar, namun hingga sekarang belum tervefifikasi sehingga tulisan saya di google scholar belum termuat di sinta. bagaimana caranya supaya bisa terverifikasi. terima kasih

    • rahmadya berkata:

      Sepertinya sedang proses dan antri. Kalau sudah terverifikasi data di Google scholar dan index lainnya jika ada, akan ditarik Sinta. Bisa juga iseng email ke helpdesk yang emailnya ada di bagian bagian FAQ. Ada juga pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan ke helpdesk sinta. (email: hdsinta@ristekdikti.go.id)

  16. Ping balik: Bertanya atau Mempertanyakan? | Rahmadya Trias Handayanto

  17. dwi berkata:

    saya sudah isi form, dan saya klik register…malah ada komentar “Failed to register. Author already registered”. sebelumnya memang saya sudah pernah registrasi tetapi pesan yang saya terima di email
    “We are sorry to inform you that you have been DEACTIVATED from SINTA.
    Possible reason: your data is not valid
    Please register again to create a new VALID profile”

    • rahmadya berkata:

      sepertinya harus menghubungi helpdesk (via email juga bisa hdsinta@ristekdikti.go.id). masih bisa login dengan yang lama kan? kalau bisa berarti minta profile diperbaiki. kalau tidak berarti memang benar DEACTIVATED dan harusnya bisa register lagi.

  18. teguh anindito berkata:

    Mohon info. Terkait registrasi, Kolom sudah diisi semua kecuali Google scolar dan Scopus Author. Namun, tombol REGISTERnya malah off. Kenapa ya ? sehingga tidak bisa di klik tombol Registernya.

  19. Agus WInarti berkata:

    Mohon info. Beberapa hari lalu saya registrasi ke SINTA tetapi salah memasukkan alamat email. Hanya kurang 1 karakter huruf (tetap saja tidak akan bisa masuk ^^). Saya sudah email ke hdsinta mengenai kesalahan ketik itu beberapa hari lalu tetapi belum ada respon. Biasanya berapa hari ya pak responnya? Barangkali tau atau pernah dengar cerita dari teman2 bapak. Trims pak!

    • rahmadya berkata:

      satu rekan cepet direspon via helpdesk. ada juga rekan yang email ulang dengan isi yang “to the point” ke problem baru direspon (biasa orang teknik ga suka bertele-tele). dulu saya via WA direspon, sepertinya mungkin saat ini sedang banyak yang daftar, fokus ke lek kepala dan guru besar (deadline awal november).

      • natalia berkata:

        Mohon info jg pak. saya juga sudah berulang kali kirim email terkait lupa password. tapi sampai hari ini email saya belum ada tanggapan. Trims pak..

      • rahmadya berkata:

        semoga saja sekarang direspon, maklum sepertinya mereka sedang sibuk menangani para lektor kepala dan profesor yg deadline november kemarin

  20. kadir berkata:

    selamat malam pak, saya sudah registrasi ke portal SINTA namun, sampai saat ini belum terverifikasi, kemudian pada saat input data saya salah memasukkan NIDN, yang saya input adalah NIP. sudah saya email ke hdsinta.ristekdikti.go mengenai solusinya, namun sampai saat ini belum ada respon pak.
    bagaimana solusinya yah pak??

  21. antoni berkata:

    Assalamu Alakum wr wb. mohon infonya tentang mengapa sitasi saya yang di google scholar tidak otomatis masuk ke akun sinta saya, antoni

  22. johanis berkata:

    slmt mlm pak. saya sudah dftr tapi kemudian dari sinta mengirim activation link sent. PLEASE CHECK YOUR EMAIL. tapi dari hari sabtu saya tgu tidaka ada email yang msuk dri Sinta

  23. lutfin ahmad berkata:

    pak..mohon bantuannya
    saya sudah daftar di SINTA. malah ada komentar “Failed to register. Author already registered” tapi sampai sekarang belum ada balasan emailnya dari SINTA

    • rahmadya berkata:

      ada kasus seperti yang dialami komentar di atas, walaupun sudah de-activated tetap saja ga bisa katanya. Repot juga kalau ada yg iseng registrasi punya orang (atau mungkin namanya sama kebetulan, dan tidak mengecek NIDN, mungkin saja).

    • Dihan kurnia berkata:

      Pak luhfin ahmad..saya juga mengalami hal yg sama dengan bapak…bagaimana solusinya pak??
      Apakah sudah bisa masum k sinta??

  24. Subur Mulyanto berkata:

    Selamat sore pak Rahmadya, sy sdh register di SINTA dan sdh aktif..tp masalah yg saya alami google scholar sy tidak terlihat /mgkn tidak tersinkron,,setelah saya lihat diprofil di kolom bagian URL/ID google scholar tidak lengkap sy copas nya..dan pas sy mau ganti tidak bisa..itu bagaimana ya pak agar artikel sy yg di GS bisa terbaca di SINTA.terimaksih sebelumnya

  25. Baso Amang berkata:

    Apakah verifikasi bisa terlambat karena registrasi di SINTA telah melampui deadline khususnya lektor kepala dan profesor. Balas

  26. Ping balik: Menghapus dan Memasukan Artikel di Daftar Google Scholar | Rahmadya Trias Handayanto

  27. Ping balik: Memasukan Publikasi Buku pada SINTA | Rahmadya Trias Handayanto

  28. JUNIARTI - berkata:

    Mohon info Pak, saya sudah daftar dan sudah terverifikasi, tetapi mengapa data publikasi saya nol, padahal saya sudah isi tautan google scholar saya.

    Terima kasih

  29. Ping balik: Pendaftaran Diri Dosen dan Peneliti di Portal SINTA | STIE IKABAMA JAMBI

  30. Ping balik: Cara Penting Mendaftar ke Science and Technology Index

  31. ervin berkata:

    mhon info pak..
    bagaimana cara mngganti google scholer pak??
    krn yg saya mskukan salah..
    terima kasih..

    • rahmadya berkata:

      setelah login, update profile dan ganti google scholarnya apakah bisa update? kalau tidak mungkin harus email ke helpdesk sinta

  32. Ajar berkata:

    Bapak..mohon bantuannya…
    saya barusan daftar di SINTA, tapi sampai sekarang belum ada balasan verifikasi emailnya dari SINTA…kira-kira berapa lama untuk tahap verifikasinya?

  33. lintang pamugar berkata:

    tanya bang, kalau daftar sinta salah email nggak sama dengan gmail yang scholar. bisa mengulang lagi gak? dengan nama dan data yang sama

  34. suriadi berkata:

    selamat siang bapak saya suriadi dari Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Kailmantan Barat. Bagaimana agar nama kampus saya bisa terdaftar di SINTA soalnya saya telah mencoba mendaftar tapi gagal. mohon bantunnya,. terima kasih

  35. ferdinand sinuhaji berkata:

    Malam Pak, saya Sudah terdaftar di sinta dan sudah di verifikasi, Seminggu kemudian saya cek di affiliations saya tidak lagi terdaftar di situ,, itu kenapa ya pak ?

  36. Mardeli berkata:

    Mohon penjelasan yang lebih detail apakah score SINTA untuk jurnal terindeks Web of Science disamakan dengan SCOPUS dengan nilai 40 dan apakah score untuk penulis pertama, kedua, dan penulis korespondensi juga sama ?

    • rahmadya berkata:

      Sama-sama ‘bereputasi’, kalo jurnal 40. Malah WoS lebih tinggi dari Scopus menurut saya. Aturan PAK sepertinya masih penulis pertama 60%, mudah2an ada aturan baru untuk penulis korespondensi yg sama dengan ketua.

      • Mardeli berkata:

        Terima kasih jawabannya pak, Apakah itu berarti cara pemberian score SINTA disamakan dengan PAK untuk kenaikan jafung ?. Tetapi untuk jurnal non scopus score SINTA dihargai maksimal 15, sedangkan pada PAK untuk jurnal nasional tidak terakreditasi hanya dihargai maksimal 10. Mohon penjelasanya pak, Mohon maaf jika saya salah memahami maksudnya.

      • rahmadya berkata:

        PAK tidak ada scopus/google scholar/dll. adanya bereputasi, akreditasi. Untuk yang sudah DOAJ, jurnal nasional tidak terakreditasi 15 nilainya.

  37. Array berkata:

    selamat siang
    maaf pak mau tanya jika sudah mendaftar sinta tapi lupa email dan pasword nya gimana caranya. soal nya mendaftar ulang tidak bisa.

  38. Murahim berkata:

    maaf. bagaimana caranya kita ganti ID Google Scholar pada akun SINTA

  39. onwardono berkata:

    Pak, apakah bisa kita download ebook di web shinta?
    Trmksh pa artikelnya membantu

  40. iqbal berkata:

    Assalamualaikum pak, apakah di colum Google Scholar ID / URL : hanya di tulis id google scholarnya, sebab sinta saya tak bisa sinkron ke google.. apa solusinya agar bisa sinkron ke google scholar?

    • rahmadya berkata:

      harus beserta URL. lihat saja di pop-up yang muncul sebagai panduan di sebelah kanan kolom isian Google Scholar ID.

  41. Brigida Arie Minartiningtyas berkata:

    Saya pindah kampus, bagaimana cara mengubah afiliasi di SINTA? saya tidak menemukan fitur untuk mengubah afiliasi tersebut.

    • rahmadya berkata:

      Logikanya kan Sinta narik data dari forlap dikti, sepertinya akan berubah juga, kalau tidak ya minta tolong kampus yang baru dan admin Sinta di kampus (verifikator)

  42. Yadi Awal berkata:

    aslm .. sebuah artikel yang sangat menarik dan bermanfaat tentang sinta, oh iya sinta saya kok blum terupdate dengan scholar saya ya terkait citiesnya.. caranya bgm spy tersinkron dengan cepat

    • rahmadya berkata:

      Sinta harus punya Google Scholar. Kalau sudah terverifikasi berarti ga ada masalah di Scholar, hanya saja belum tersinkron. Masih dalam proses perubahan dari verifikasi di ristekdikti menjadi verifikator sinta di institusi masing-masing yg ditunjuk

  43. Tira Fitria berkata:

    Assalamualaikum ..

    Pak apakah bisa mengganti email di SINTA? Sebelumnya saya pakai email gmail, lalu kemudian mau saya ganti pakai email institusi. Mohon panduannya agar bisa saya ganti 🙂

  44. Ping balik: SIMLITABMAS Sudah Full Online | Rahmadya Trias Handayanto

  45. shinta berkata:

    kalau ada jurnal sudah masuk di Google scholar dan disitasi, tapi di sinta tidak muncul, bagaimana?

  46. Ari berkata:

    Maaf Pak mau tanya klau Salah masukkan email bgmn bisa di update soalnya emailnya lupa pake titik jadi gak diperhatikan sebelumnya

  47. Ping balik: Dosen Itu Peneliti | Rahmadya Trias Handayanto

  48. Ping balik: Dear SISTER … | Rahmadya Trias Handayanto

  49. Juju Saepudin berkata:

    Saya beberapa kali mendaptar, namun gagal terus. apakah karena jaringan disana yang sedang eror atau ada masalah lain.? Mohon penjelasan, tks.

    • rahmadya berkata:

      sekarang yang memverifikasi adalah orang yang ditunjuk dari kampus/institusi, bukan DIKTI/pusat lagi, coba tanya LPPM di tempat masing-masing.

  50. ira jayanti berkata:

    sebelumnya saya pernah membuat sinta namun setalah pindah homebased lama nda kebuka akhirnya lupa akun dan passwordnya. akhirnya saya buat akun baru di google sholar tapi kenapa setiap melakukan registrasi ke sinta jawabannya selalu author is already registered. bagaimana supaya bisa register menggunakan akun baru krn akun lama betul2 lupa email dan passwordnya. mohon petunjukknya

    • rahmadya berkata:

      Ristek-Dikti menyiapkan dosen ber-nidn untuk login Sinta. Ketika sudah digunakan (dengan menempelkan sebuah email) maka dianggap NIDN dosen sudah dipakai. Jadi harus menggunakan login email terdaftar tersebut. Cara lain ya mendelet akun (login email) tersebut oleh petugas Sinta di kampus/institusi yang ditunjuk (biasanya ada satu / dua orang perwakilan Sinta).

  51. tajrin berkata:

    assalamuualaikum pak, mau nanyak, saya sudah daftar di sintah, tapi tidak adak masuk email verifikasi, kemudian sya login tidak bisa, dan saya coba daftar baru lagi malah tidak bisa dengan nama dan nidn yang sama..
    apaka harus nunggu verifiakasi dulu dari sinta, sehingga saya bisa login?

  52. Hafidha Asni Akmalia berkata:

    pak saya mau tanya, sebelumnya saya telah daftar Sinta dengan afiliasi saya adalah universitas A. Sekarang saya telah pindah bekerja di universitas B. Pertanyaan saya adalah bagaimana cara saya untuk mengubah nama afiliasi saya menjadi universitas B? Apakah daftar ulang lagi atau tidak

    • rahmadya berkata:

      pertama forlap berubah dulu, setelah itu tinggal menghubungi bagian verifikator sinta di kampus baru untuk me-refresh.

  53. zulkarnain berkata:

    mohon info pak, saya mw daftar di sinta tapi kok pada kolom afiliasi perguruan tinggi saya tdk terdaftar?, padahal sudah terdaftar dalam PDDIKTI

    • rahmadya berkata:

      Harusnya yg ada di forlap (PDDIKTI) ada di SINTA baik NIDN maupun kampusnya. Jika kampusnya saja tidak ada harus menghubungi operator SINTA untuk sinkronisasi dengan PDDIKTI.

  54. Ping balik: Pentingnya Kampus Memiliki Jurnal | Rahmadya Trias Handayanto

  55. Ubay berkata:

    Salam kenal Pak Rahmadya, saya mau tanya, untuk saat ini kan sinta hanya mengindeks dari Scopus, WOS & GS. Nah untuk jurnal kategori internasional (di luar negeri) yang tidak terindeks scopus maupun WOS tetapi terindeks di pengindeks level sedang seperti DOAJ, ACI, Ebsco host, dll, itu masuknya di GS atau uncategorized. Menurut Bapak, kedepan apakah sinta akan melakukan upgrading scoring jurnal2 LN yang terindeks sedang menjadi score tersendiri? Karena kan nilainya 20 ya kalau tidak salah. Sedangkan saat ini malah dimasukkan ke level Google Scholar saja yang score nya rendah bahkan tidak dihitung. Terima kasih sebelumnya.

    • rahmadya berkata:

      Idealnya sih DOAJ, dkk ada nilainya di Sinta (di atas GS), sepertinya RISTEK/Bring butuh API di tiap2 pengindeks itu. Seandainya tidak pun jangan khawatir karena kepangkatan ada nilai sendiri (tidak menggunakan GS di Sinta) misalnya 20.

  56. Dedi Arianto berkata:

    Aslmualaikm…. Pak saya mendaftar di sinta… tapi saya cek di email dan di spam sudah tiga hari tidak ada tautan/link yang masuk dari sinta… saya lakukan Resend Activation Link hasil nya Process failed. Please provide correct email or user already activated. Please Register New Account if have not dan selanjunya saya lakukan registrasi ulang jawaban nya Failed to register. Author already registered langkah apa yang harus saya lakukan selanjutnya….trmks

    • rahmadya berkata:

      Banyak kasus seperti itu, mau tidak mau pihak verifikator Sinta di institusi mas mendisable, atau tanya saja, biasanya verifikator punya grup yg anggotanya ada dari pihak Sinta pusat yg bisa diminta bantuannya.

  57. ihsan berkata:

    mau bertanya bang…. sampai saat ini ID Sinta saya belum muncul pada akun sister saya… kira-kira problemnya diamana ya…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.