Masalah “Unable to execute the selected tool” di ArcGIS

Ketika menjalankan suatu aplikasi terkadang beberapa fasilitas tidak bisa dijalankan. Sebenarnya belum tentu “tidak bisa” dijalankan, bisa saja “belum bisa” dijalankan karena ada setingan yang belum diaktifkan (enabled). Begitu pula untuk aplikasi GIS terkenal, yaitu ArcGIS 10. Berikut tampilan jendela peringatan yang biasanya muncul ketika ingin menjalankan tool spatial analyst.

Tentu saja bagi yang baru pertama kali menemukan kasus di atas akan kebingungan dan menganggap instalasi gagal (problem lisensi). Informasi dari situs resmi ArcGIS berikut sepertinya bermanfaat. Jawabannya cukup sederhana yaitu dengan mengaktifkan fasilitas yang ada (tentu saja asalkan memiliki lisensinya). Masuk ke menu Extension yang berada di menu Customize untuk meng-enable Spatial Analysist.

Di menu Extensions silahkan cheklist fasilitas yang tersedia di ArcGIS, di sini misalnya Spatial Analyst yang berisi toolbox seperti reclassify, mosaic to new raster, raster clip, extract by mask, dan fasilitas-fasilitas canggih lainnya.

Tapi untuk mempercepat akses buka tutup ArcGIS ada baiknya tidak mengaktifkan seluruh fasilitas yang ada. Misalnya saya hanya menggunakan ArcGIS untuk menggambar peta, maka tidak perlu mengaktifkan Spatial analyst karena fasilitas itu tidak diperlukan ketika menggambar. Mudah-mudahan sedikit membantu rekan-rekan yang menjumpai masalah serupa. Terus terang lisensi ArcGIS cukup mahal, sementara ini saya mengandalkan software tersebut di laboratorium kampus. Sepertinya harus difikirkan untuk menggunakan GIS tool yang open source setelah lulus nanti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s