Coba Instal ArcGIS Versi 10 yuk ..

ArcGIS yang merupakan produk ESRI adalah aplikasi untuk mengelola Geographic Information System (GIS) yang terkenal dan banyak digunakan karena mudah. Postingan ini hanya sharing saja mengingat banyak mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini untuk skripsi/tugas akhir. GIS tool lainnya yang tidak kalah hebat dan terutama open source saat ini sudah banyak juga tersedia dan menjadi alternatif utama ketika tidak bernaung lagi di institusi yang memiliki lisensi ArcGIS, seperti tempat saya kuliah saat ini misalnya.

Banyak sekali aplikasi yang tersedia di ArcGIS. Namun demikian ArcGIS desktop wajib diinstall, tekan Setup untuk menginstallnya di menu ESRI setup. Selain itu tentu saja diperlukan juga ArcGIS license Manager atau ArcObjects SDKs.

Berikutnya sangat mudah, seperti menginstall software-software pada umumnya. Tekan Next setelah “I Accept the license agreement”.

Ketika muncul pilihan instalasi, pilih yang complete saja, kecuali jika Anda sudah mahir dan ingin memilih Custom tertentu saja yang ingin diinstal. Berikutnya setelah adanya informasi bahwa ESRI akan menginstal juga python language, ESRI akan melakukan instalasi (diisitlahkan dengan nama Update) beberapa saat lamanya, tunggu saja, tapi jangan ditinggal di tempat umum, nanti hilang (sorry bercanda).

Lisensi ArcGIS lumayan mahal, biasanya hanya dimiliki oleh institusi (kampus, departemen, dll). Instal aplikasi Pre-release license manager juga untuk mengelola lisensi yang dibeli. Saya memiliki cara mudah, yaitu dengan menyimpan service.txt pada ArcGIS terdahulu. Jadi jika PC rusak atau pindah komputer, tinggal instal ulang saja dan me-replace service.txt itu ke mesin yang baru.

Selesai juga instalasi yang cukup memakan waktu ini. Mengenai file service.txt terkadang Windows menolak untuk me-replace file service.txt dengan yang baru walaupun sudah “as administrator”. Cara sederhana yang sering saya gunakan adalah me-rename yang lama (misal xservice.txt) setelah itu baru meng-copy paste service.txt yang baru ke lokasi lisensi. Sebelumnya instal terlebih dahulu license manager.

Secara default terlihat tidak ada fitur yang disediakan ketika ArcGIS diinstal.

Seperti telah disebutkan di muka, file service.txt saya rename (misal xservice.txt) dan dilanjutkan dengan meng-copas service.txt lama (yang sudah pernah digunakan) ke folder bin pada license ArcGIS.

Terakhir adalah yang tersulit karena harus mengisi port dan nama yang ada di service tersebut. Buka saja file service.txt dan lihat nama PC dan portnya, ganti sesuai dengan PC saat ini. Buka ArcGIS administrator untuk mengisi nama PC beserta port-nya.

Gunakan perintah ipconfig/all di command window untuk mengetahui nama PC yang akan diinstall ArcGIS (bisa juga cara lain lewat menu seting, tetapi saya lebih cepat dengan command window). Gampangnya, langkah terakhir harus ada 3 yang diutak-atik: 1) ArcGIS administrator, 2) License Manager, dan 3) file service.txt. Terakhir lakukan “re-read” di license manager dan pastikan juga Availability sudah terisi fitur-fitur yang diperlukan.

Perhatikan, Availability yang sebelumnya kosong kini terisi dan ArcGIS siap dijalankan (bandingkan dengan gambar sebelumnya pada postingan ini). Tutup semuanya dan jalankan ArcMap, jika bisa berjalan berarti instalasi OK. Mungkin cara darurat ini sedikit bermanfaat dan tentu saja sebaiknya gunakan lisensi resmi dari yang dimiliki institusi kita (kampus, departemen, dan lain-lain). Oiya, kalau ikut seminar di luar negeri, terutama beberapa negara Eropa, sebaiknya bawa laptop dengan lisensi ArcGIS yang resmi, atau tidak usah bawa saja lebih aman (Informasi dari dosen pembimbing, katanya sempat diperiksa oleh otoritas setempat perihal lisensi).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s