Instal Mendeley Desktop

Dua pengindeks terkenal di dunia saat ini (Elsevier – Scopus dan Thomson reuter – WoS) memiliki tool untuk mengelola tulisan. Jika Thomson reuter memiliki EndNote, Elsevier memiliki Mendeley. Bedanya adalah Mendeley tidak dipungut biaya ketika menginstalnya sedangkan Endnote harus membeli lisensinya. Postingan ini bermaksud memperkenalkan bagaimana instalasi Mendeley, kebetulan saya berganti laptop dan harus menginstal ulang Mendeley lagi.

Mendeley ada dua jenis: Web dan desktop. Mendeley mengharuskan sign up ketika akan menggunakan aplikasi ini. Manfaatnya adalah ketika login data tersimpan di Cloud internet. Dapat diakses baik lewat PC maupun aplikasi di Android.

A. Unduh File Instalasi

Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi situs download resminya di sini. Sistem operasi Windows yang diijinkan adalah di atas Windows 7 dan juga Macintosh (Apple).

Selanjutnya tekan Next> untuk instalasi file yang baru saja diunduh (sekitar 20-an Mb). Seperti biasa, tekan Agree untuk konfirmasi masalah lisensi dan dilanjutkan dengan menentukan lokasi instalasi. Jika bingung (saya juga pertama-tama bingung), lebih baik ikuti saja lokasi dan letak Icon Mendeley yang ingin diinstall.

 

Tunggu saja, instlasi hanya berjalan sekitar satu menit (menggunakan intel celeron 3jt-an Lenovo). Langsung saja jalankan ketika ada pemberitahuan bahwa instalasi complete (jangan khawatir .. nggak pake keygen-keygen-an .. hihi).

B. Login ke Mendeley Desktop

Ketika menjalankan Mendeley desktop, tampilan awalnya adalah Login. Tentu saja harus Sign up dulu di web Mendeley (harus punya email dulu nggih mbah …).

Lihat, walaupun saya baru menginstal tetapi file-file jurnal dan buku saya langsung ketarik dan siap di-download ke laptop mungil saya. Berikutnya adalah mengintegrasikannya dengan Microsoft Word (lihat postingan yang lalu .. atau di bawah ini saja).

C. Integrasi Mendeley dengan Microsoft Word

Manfaat utama Mendeley adalah mensitasi tulisan dengan cepat, tanpa perlu mengetik referensi di akhir tulisan/jurnal. Jika Ms Word belum terintegrasi dengan Mendeley, di menu REFERENCES hanya tersedia bawaan Word saja. Langsung saja tekan: Tools Install MS Word Plugin di Mendeley.

Upps .. ternyata Word yang saya saat ini saya pakai ngetik postingan ini harus ditutup dulu. Setelah ditekan Yes di menu References Word ada tambahan baru untuk sitasi yaitu dari Mendeley. Ok dah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

Iklan

One thought on “Instal Mendeley Desktop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s