Mengisi IEEE Copyright untuk Publikasi

Mungkin banyak pembaca yang sudah terbiasa mengisi form IEEE copyright yang biasanya diminta oleh pengelola jurnal atau seminar sebelum tulisan dipublikasi lewat IEEE. Saya sendiri baru dua kali, dan seperti biasa masalah lupa merupakan kendala utama. Terpaksa email-email yang dahulu dibuka-buka lagi untuk contekan. Untuk yang baru pertama kali, mungkin postingan ini bisa sedikit membantu.

Setelah mengunduh form dari link yang disediakan pengelola seminar (misalnya ICIC 2017), buka dengan Pdf reader yang bisa mengisi TEXT karena harus ada isian yang diisi. Banyak software yang tersedia di internet, misalnya Foxit Pdf reader. Dengan menggunakan menu Comment tinggal menempatkan text box di lokasi isian.

Bagi yang tidak suka menginstal software Pdf reader yang bisa mengisi text box, bisa dengan cara mengkonversi form IEEE itu menjadi ms word. Banyak fasilitas online yang tersedia misalnya link ini. Tinggal upload file pdf kemudian file doc siap diunduh dan diisi.

Sekarang masalahnya adalah mengisinya. Ada lima isian yang harus diisi yaitu: 1) judul paper, 2) Author, 3) Nama jurnal/conference, 4) Nama dan tanda tangan, 5) Tanggal penandatanganan. Biasanya, panitia seminar sudah mengisikan nama conference yang akan dilaksanakan.

Kemudian bagian penandatanganan sedikit hati-hati karena ada tiga isian tanda-tangan. Isi pada bagian di bawah General Terms, jangan pada isian US Government .. dan Crown … Nama dan tanggal bisa diisi dengan ketikan atau tulis tangan seperti saya (maklum darurat, sedang pelatihan IELTS 3 bulan di jogja).

Setelah itu di-scan dan kirim ke panitia. Itu merupakan paper pertama saya (diselenggarakan oleh universitas indonesia), terindeks di IEEE dan Scopus, sejak tulisan ini dibuat sudah disitasi dua kali. Yang terpenting sebenarnya adalah naskah diterima dulu, direvisi dan siap publish. Sekian, semoga sedikit bermanfaat.

 

 

 

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.