Export ArcGIS beserta Basemap ke Format Lain

Salah satu fungsi ArcGIS adalah untuk presentasi. Presentasi di sini bisa berupa cetakan (print out) atau file. Terkadang karena tidak semua orang memiliki ArcGIS, maka perlu mengkonversi file project ArcGIS ke format lain. Salah satu format yang terkenal adalah gambar (JPG, BMP, dan TIFF) dan PDF. Ada format-format lain yang bertipe vektor. Di sini akan dibahas untuk yang tipe gambar atau dikenal dengan istilah raster.

Salah satu fasilitas yang cukup penting untuk presentassi dan pembuatan peta pada ArcGIS adalah basemap. Kita coba tambahkan basemap, untuk memperjelas peta yang akan dikonversi ke gambar. Ada beragam basemap yang tersedia di ArcGIS. Untuk mengaksesnya silahkan masuk ke menu tambah layer pada gambar di bawah ini.

Salah satu yang terkenal adalah OpenStreetMap yang menunjukan jalan-jalan di seluruh dunia. Pilih dengan mouse lalu tekan Add untuk menambahkan basemap di layer. Oiya, saya mencoba Streets ternyata hasilnya tidak sedetil OpenStreetMap.

Jika sudah maka masuk ke file dilanjutkan dengan export map untuk mengisi pilihan format yang cocok. Lanjutkan dengan mengisi nama file beserta formatnya. Untuk informasi detilnya silahkan kunjungi situs resminya.

Untuk PDF sepertinya banyak fasilitas yang dapat digunakan, misalnya jika layout yang dibuat di arcGIS lebih dari satu halaman (lihat cara membuat layout). Resolusi yang pas untuk peta seukuran Bekasi adalah kira-kira 200 dot per in (dpi). Jika kurang maka basemap kurang jelas (blur), tetapi kalau kebesaran bisa hang pabila komputer tidak kuat (ram dan prosesor-nya). Hasilnya dapat dilihat sebagai berikut:

Sayangnya untuk basemap Google atau Bing tidak bisa dikonversi ke JPG (hanya gambar shapefilenya saja yang tercetak) padahal baik Bing maupun Google memiliki fasilitas yang lengkap untuk citra satelitnya (lihat cara menginstall plugin Bingmap/Google). Tetapi untuk menunjukan jalan dan wilayah tertentu sepertinya fasilitas bawaan ArcGIS sudah ampuh. Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s