Standar Penulisan Gelar Akademik

Penulisan gelar akademik yang benar dan mengikuti kaidah tata bahasa Indonesia sangat penting terutama pada bagian tenaga kependidikan (TU, SDM, dan pendukung bidang akademik lainnya). Banyak kesalahan-kesalahan yang terjadi. Biasanya adalah tidak disertakannya titik “.” antara kata pertama dengan kedua, misalnya seharusnya S.T. tetapi ditulis ST saja tanpa titik. Saya sendiri sering salah menulis “Ph.D” tanpa titik setelah “D”, sementara berdasarkan kaidah bahasa Indonesia menggunakan titik “Ph.D.”.

Banyak situs-situs di internet yang menguraikan bagaimana penulisan yang tepat. Cara mengetahui penulisan yang tepat ada baiknya melihat surat-surat yang dibuat oleh lembaga resmi negara, misalnya di bawah ini, yaitu lampiran undangan peserta calon asesor beban kerja dosen (BKD) dari kopertis IV Bandung.

Oiya, kebetulan lampiran peserta tanggal 1 februari ini tidak ada profesor yang standarnya adalah ditulis “Prof.” Silahkan lihat lampiran yang ada profesornya di link ini sebagai rujukan bagaimana menulis gelar yang tepat. Memang gelar tidak dibawa mati, tetapi dengan gelar kita jadi banyak mengajar dan ilmu yang diajar takkan putus oleh kematian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s