Beralih dari GUI ke Kode Program Pada Matlab

Graphic User Interface (GUI) atau yang sering diistilahkan dengan pemrograman visual saat ini menjadi keharusan suatu program komputer. Dengan GUI, pengguna mendapatkan kemudahan dalam menggunakan program yang dibuat. Sehingga tingkat keinginan penggunaan dalam menggunakan aplikasi tersebut menjadi tinggi (attitute toward usage). Maka tuntutan programmer terhadap bahasa pemrograman yang mudah dalam pembuatan GUI sangat tinggi saat ini. Matlab sendiri memiliki kemudahan tersebut. Berikut ini kemudahan-kemudahan yang disediakan Matlab.

Menambahkan Komponen-Komponen

Matlab memiliki banyak komponen-komponen untuk membantu dalam pembuatan GUI seperti tombol button (pushbutton), edit text, dan lain-lain. Pembuatannya sederhana, yaitu hanya dengan drag dengan mouse.

Beralih ke Kode

Untuk beralih dari jendela GUI ke pemrograman (coding) pada Matlab tinggal klik kanan pada komponen yang kita tambahkan di rancangan GUI. Pilih view callback lalu pilih salah satu pilihan, misalnya Callback, maka akan muncul jendela kode. Tentu saja harus disimpan terlebih dahulu project yang dikerjakan.

Silahkan masukan kode program di M-file editor yang baru dibuka. Cukup mudah, hanya saja untuk input teks agak sedikit ribet yaitu saat menangkap dengan membuat objek. Untungnya ada bantuan dari M-file untuk menangkap inputan.

Debug

Ketika uji coba program yang baru saja dibuat, terkadang dijumpai kesalahan-kesalahan sintaks. Matlab memberitahu lokasi baris tempat kesalahan. Cara mengetahuinya adalah dengan mengklik “line” di command window yang berwarna merah.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s