Wah .. BKD Online di Kopertis 4

LLDIKTI wilayah 4, sebelumnya bernama Kopertis 4, merupakan satu-satunya LLDIKTI yang menjalankan pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) secara online. Sebelumnya BKD dilakukan secara offline lewat program singkat via Microsoft Access. Postingan ini sedikit menginfo-kan kepada rekan-rekan dari LLDIKTI wilayah lainnya mengenai apa itu BKD Online.

Situs Resmi

Situs resmi BKD online dengan mudah diakses di link berikut ini. Tampilannya sangat sederhana, mirip mbah Google yang tanpa embel-embel iklan, pengumuman-pengumuman, dan sejenisnya. Setelah Login dengan menggunakan ID NIDN dosen, maka laporan BKD maupun Kontrak BKD siap dijalankan.

Kira-kira tampilannya seperti itu. Bagian kanan sebelumnya tidak ada. Supaya ada tinggal mengklik tombo Tambah dilanjutkan dengan mengisi informasi dari semester dan tahun akademik hingga asesor 1 dan asesor 2.

Approve Oleh Asesor dan Pimpinan

Mirip dengan BKD yang lalu, laporan harus disetujui oleh dua orang asesor dan kontrak ditandatangani oleh ketua program studi atau dekan. Bedanya di sini asesor tidak perlu menandatangani melainkan hanya mengklik persetujuannya, begitu juga dengan persetujuan oleh pimpinan. Di situlah letak perbedaannya. Jika dulu kita harus mencari asesor dan minta tanda tangan, sekarang hanya meminta persetujuan lewat aplikasi. Jika asesor ada di tempat lain, asalkan ada internet, bisa menyetujuinya.

Perhatikan, jika sudah disetujui maka tulisan Approved muncul di login asesor, sementara yang belum masih berwarna merah. Nah, di sinilah masalah muncul, karena jumlah dosen yang diasesori terlihat dengan gamblang, sepuluh, duapuluh, dan sebagainya. Rencananya nanti akan dibatasi hingga 10 saja. Repot juga jika yang “tidak kebagian gerbong”. Waktu jaman offline, walau bisa diketahui jumlah yang diasesori tetapi akan ribet dan repot menghitungnya.

Pemberkasan

Salah satu kelebihan dari online adalah berkas dengan mudah dibaca oleh asesor karena dalam bentuk file scan. Dengan menekan tombol Download Bukti Dokumen maka asesor langsung bisa melihat keabsahan kinerja dosen yang diasesori. Selain itu, jika dicetak pun, hasilnya mirip dengan format yang dicetak lewat aplikasi MS Access sebelumnya.

Integrasi dengan SISTER

Sister (Sumber Informas Sumber Daya Terintegrasi) merupakan sistem terintegrasi informasi seorang dosen (tridarma, kinerja, kepangkatan, biodata, dll). Aplikasi ini sebentar lagi akan diterapkan yang dampaknya sangat luar biasa. Tidak ada lagi dosen-dosenan karena akan ketahuan jika suatu universitas memiliki dosen yang hanya nama saja. Yah, tapi namanya manusia kan kalau kepepet muncul kreativitasnya untuk mengakali. Tetapi Ristekdikti sepertinya terus berusaha memaksa kampus mengikuti “jalan lurus” institusi pendidikan. Sayangnya, aplikasi buatan LLDIKTI wilayah 4 ini akan segera digantikan oleh SISTER kabarnya, tapi tidak apa, toh para dosen di wilayahnya sudah terlatih dengan BKD online. Sekian, semoga nasib dosen yang serius melaksanakan tri-darma lebih dihargai lagi, dan selamat ber-serdos ria.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s