SIMLITABMAS Sudah Full Online

Tiap dosen wajib meneliti selain mengajar dan mengabdi. Karena meneliti butuh dana maka SIMLITABMAS (www. http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/) jadi andalan para dosen di Indonesia. Ketika di tahun 2012 dan 2013 pengajuan proposal dipaksa online, banyak kemudahan-kemudahan yang didapat, salah satunya adalah banyaknya dosen-dosen yang berminat.

Di awal sistem online, waktu itu ristek masih terpisah dengan dikti, proposal masih dibuat dalam bentuk semi online. Pengesahan dilaksanakan lewat mekanisma cap dan tanda tangan LPPM dan Dekan. Bagi peneliti, tidak ada bedanya dengan jaman dulu yang ofline, karena toh harus mengumpulkan hardcopy yang dirasa membutuhkan modal.

SIMLITABMAS terkini

Saat ini dengan diterapkannya sistem full online, tampilan situs ini agak lumayan OK. Yang menjadi keunggulan dari sistem ini adalah terintegrasi dengan SINTA (lihat cara daftarnya) yang bisa mengetahui kinerja peneliti yang mengajukan proposal, selain terintegrasi juga dengan FORLAP
untuk mengetahui kepangkatan, pendidikan, dan info lain seorang peneliti. Jadi apakah seorang peneliti sudah eligible atau tidak dapat dengan mudah diketahui. Sayangnya, beberapa data tidak bisa tertarik secara sempurna dari SINTA, seperti jurnal internasional (termasuk author/correspondence), dan HKI.

Seharusnya uji stress test perlu dilakukan agar terhindar dari error ketika deadline penerimaan proposal. Maklum ribuan orang login dan upload di saat yang bersamaan.

Mekanisme

Mirip seperti serdos online, peneliti yang mengajukan proposal setelah eligible mengisi data proposal secara online dalam beberapa tahap. Lebih mudah jika kita sudah mengetik terlebih dahulu via MS Word ringkasan yang berisi tujuan, latar belakang, tinjauan pustaka dan metode dalam file yang terpisah agar langsung terhitung jumlah kata-nya mengingat simlitabmas online membatasi panjang maksimal kata dalam proposal.

Jika rekan yang biasa nulis langsung di wordpress.com dengan mudah menginsert gambar di antara tulisan. Untungnya (atau sialnya) gambar tidak dihitung dalam panjang kata/tulisan yang disaratkan. Mekanisme penambahan anggota peneliti juga canggih seperti yang lalu, ketika diklik menambah, orang yang dituju akan ada pesan diterima atau ditolak permintaan jadi anggotanya.

Oiya, isian anggaran agak ribet juga jika diinput langsung. Ada baiknya menggunakan MS Excel terlebih dahulu. Sistem akan menolak jika anggaran di luar rentang batas kelayakan (terlalu besar atau terlalu kecil).

Validasi/Confirm

Oiya, bagi rekan yang selesai mengisi informasi proposal dari ringkasan hingga berkas penunjang (kerjasama dengan mitra), maka tahap terakhir adalah confirm. Di sini ada pilihan lain jika belum siap (masih perlu diedit-edit), yaitu simpan dalam bentuk draft. Jadi jangan langsung confirm karena setelah di-confirm maka berkas proposal tidak bisa diedit lagi. Dan bukan hanya itu, status kita di simlitabmas penelitian langsu “merah” semua alias tidak boleh mengajukan usulan baru lainnya, kecuali yang h-index lebih dari satu.

Yuk, mumpung diperpanjang, buat proposal lagi. Siapa tahu beruntung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s