Indeks Web of Science

Web of Science (WoS) merupakan pengindeks terkenal yang dahulu dikenal dengan nama Thomson Reuter. Pengindeks tua ini lebih dahulu dikenal sebelum Scopus. Berbeda dengan Scopus yang gencar pemasarannya, WoS sedikit “nyantai”. Akibatnya, peneliti-peneliti muda lebih mengenal Scopus dibanding WoS. Padahal, WoS memiliki kriteria yang ketat terhadap jurnal atau seminar yang diindeks.

Publons

Baik WoS maupun Scopus semuanya berbayar. Namun untuk melihat Author, Scopus menggratiskannya. Repotnya, WoS baik mencari artikel mapun Author tidak gratis. Untungnya belakangan WoS menggratiskan juga seperti Scopus, dengan nama situs: www.publons.com. Sebelum ada Publons, peneliti gratis mendaftarkan diri di www.researcherid.com, suatu situs yang mirip Orcid. Namun ternyata ketika saya sudah mendaftar ID di situs tersebut langsung diarahkan ke Publons.

Searching

Berbeda dengan Scopus yang harus berlangganan dalam pencarian non-Author, Publons dapat mencari baik author, jurnal, institusi dan region/country.

Silahkan pilih pencarian yang diinginkan. Berikut contoh hasil searching di sebuah institusi. Untuk saat ini Scopus masih menjadi patokan indeks Sinta, sementara WoS ikut berpartisipasi kemudian. Mengingat ketatnya indeks WoS terhadap jurnal-jurnal di dunia, tidak tertutup kemungkinan WoS menjadi andalan utama, jadi segera daftarkan ID ke WoS. Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.