Mengecek Apakah Artikel Kita Terindeks Web of Science dari Publons

Ada dua pengindeks terkenal di dunia saat ini yaitu Scopus dan Web of Science (WoS). Kedua-duanya merupakan pengindeks yang masuk perhitungan skor Sinta Ristekdikti/BRIN. Untuk Scopus (lihat link ini) sudah banyak yang mengetahui. Untuk WoS akan kita bahas di postingan ini.

A. PUBLONS

Pertanyaan pertama seperti biasa apakah situsnya berbayar atau tidak. Jawabannya ada dua, mirip Scopus, ada yang gratis ada yang bayar. Jika ingin membuat ID WoS cukup daftar saja ke situs berikut ini untuk memperoleh ID WoS. Lihat post terdahulu tentang WoS. Sedikit berbeda dengan Scopus yang harus punya tulisan terlebih dahulu tetapi untuk publons tidak perlu punya tulisan yang terindeks WoS. Hal ini sangat meringankan karena untuk terindeks WoS cukup sulit.

B. MENAMBAH DAFTAR ARTIKEL KE PUBLONS

Biasanya ketika tulisan kita terindeks di WoS maka secara otomatis akan terambil di akun publons kita. Namun bisa saja kita menambahkan secara manual artikel-artikel kita. Bukan saja artikel yang terindeks WoS, tetapi artikel-artikel lain yang diindeks oleh Scopus bisa ditambahkan. Jadi ketika seseorang mengklaim ada tulisannya di WoS lewat publons tentu saja belum tentu terindeks Web of Science.

C. MENGECEK TULISAN TERINDEKS WEB OF SCIENCE

Sebenarnya cara mudah untuk mengetahui apakah tulisan terindeks WoS adalah dengan masuk ke link Web of Science langsung di sini. Hanya saja harus punya akun, dan tentu saja bayar.

Bagaimana jika tidak punya akun WoS? Caranya bisa dengan melihat artikel-artikel yang ada di publons kita. Biasanya artikel yang tidak dimasukan secara manual merupakan artikel yang terindeks di WoS. Ciri-ciri jika terindeks WoS tampak di artikel tersebut (di bagian kanan). Jika ada tulisan “WOS” maka berarti terindeks di WoS. Jika mouse diarahkan di tulisan WOS muncul tulisan “Indexed in Web of Science Core Collection“. Perhatikan di bawah ini, satu tulisan terindeks di Web of Science tetapi yang lainnya tidak.

Cara lain adalah lewat akun Sinta kita. Jika dicek daftar publikasi ada di list WoS maka akan muncul grafiknya. Jika ingin melihat, tekan “WoS document” di sebelah kiri “research. Berbeda dengan Scopus yang bisa direfresh oleh verifikator Sinta di masing-masing kampus, WoS sangat mengandalkan admin Sinta di pusat. Sekian semoga bisa membantu.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.