Merekap Nilai di Google Classroom

Menginput nilai terkadang menjadi hal yang menjemukan karena cukup menyita waktu. Google classroom (GCR) merupakan salah satu tool elearning gratis yang disediakan oleh Google. Untuk kampus yang belum memiliki fasilitas elearning, GCR merupakan andalan, bahkan terkadang lebih baik dari pada tool elearning buatan sendiri. Postingan kali ini bermaksud sharing bagaimana menghitung nilai harian siswa secara otomatis.

Membuka Rekap Nilai

Setelah selesai perkuliahan, nilai seluruh mahasiswa di suatu kelas dapat diakses dengan masuk ke Grade di home.

Secara default nilai total (overall grade) tidak muncul di sheet di bawah ini. Namun jangan kecewa, karena kita bisa meminta GCR untuk menampilkan nilai akhirnya.

Menambahkan Overall Grade

Untuk menampilkan overall grade, masuk ke Setting dan cari pilihan Total Points di bagian Grading.

Setelah Total Points di pilih, pastikan di sheet muncul overall grade
yang merupakan rata-rata nilai siswa dari assignment yang diberikan. Lanjutkan dengan menekan Save di kanan atas.

Memindahkan ke Excel

Untuk memindahkan ke Excel Anda tinggal memblok seluruh isian yang akan dipindah dan tinggal di copy dan paste di Excel. Sayangnya, cara ini hasilnya agak kurang bagus karena muncul teks tambahan HTML. Oleh karena itu kita ikuti saja cara yang disediakan oleh GCR berikut ini.

Masuk ke Classwork mana saja (bukan pertemuan/kuliah), misalnya Ujian Akhir Semester. Di bagian kanan atas tekan simbol Settings yang akan meminta Anda memilih mengkopi ke Google Sheets (Excel online buatan Google) atau mengunduh dalam bentuk Comma Separate Value (CSV) yang bisa dibuka dengan Excel. Di sini kita pilih Download all grades as CSV jika ingin mengunduh seluruh nilai. Sementara Download these grades as CSV dipilih jika hanya nilai yang sedang dibuka saja.

Selamat, Anda berhasil merekap nilai tanpa susah payah. Tentu saja nilai tiap tugas tetap harus diperiksa tiap minggunya jika ada. Berhubung overall grade tidak ada, silahkan gunakan fungsi average di Excel untuk merekap nilai totalnya.

Silahkan lihat video Youtube berikut untuk lebih jelasnya. Semoga bermanfaat.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Komputer dan Masyarakat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.