Membuat Menu dan MDI Form

Setelah pertemuan yang lalu berhasil membuat aplikasi RAB, sekarang kita coba membuat tampilan awal program yang disertai dengan menu. Suatu aplikasi terkadang memiliki lebih dari satu Form dalam sebuah project. Oleh karena itu kita harus mampu mengatur form mana yang muncul lebih dahulu. Biasanya form yang muncul terlebih dahulu adalah MDI Form. Buka IDE Microsoft Visual basic 6.0 Anda.

Setelah membuka VB 6.0 buka project RAB yang terdahulu. Atau jika filenya tidak ada buat form kosong saja seolah-oleh itu adalah form menghitung RAB. Pilih dengan mengklik bagian panah ke bawahnya, kemudian pilih MDI Form.

Karena MDI Form nanti yang pertama kali tampil saat program dijalankan, maka kita harus mengeset form mana yang muncul terlebih dahulu. Klik ‘Project’ – ‘project1.properties’. Pada isian startup object pilih ‘MDI Form’.

Jika dijalankan, VB akan menampilkan terlebih dahulu MDI Form Anda. Berikutnya kita akan membuat MENU yang berfungsi memanggil form RAB dan ‘keluar’. Klik ‘Tool’ – ‘Menu Editor ..’, isi menu sebagai berikut:

Pilih panah ke kenan atau kekiri untuk menjadikan menu itu sub menu atau tidak. Karena RAB dan Exit merupakan submenu File, maka harus kita geser ke kanan dengan menekan tombol panah ke kanan. Klik ‘OK’ jika sudah selesai. Maka pada MDI Form akan muncul menu yang baru saja dibuat. Klik ‘File- RAB’ pada MDI Form, maka Anda masuk ke kode memanggil program RAB. Isi dengan istruksi ‘Form1.show’ yang artinya menampilkan Form1. Jika Form1 sudah Anda ganti namanya, maka ikuti sesuai dengan nama formnya.

Test program Anda dengan menekan tombol run maka MDI akan muncul terlebih dahulu. Jika menu ‘File’ ditekan, akan muncul ‘RAB’ dan ‘Exit’. Tes dengan menekan ‘RAB’, harusnya form RAB akan muncul. Jika sudah, coba tambahkan gambar di MDI Form Anda, dengan mengklik ‘Picture’ di ‘Property
editor’ VB.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s