Melihat Perubahan Lahan di Bekasi dengan GIS

Beberapa situs GIS gratis telah memberikan layanan cuma-cuma untuk memantau perkembangan lahan, kerusakan hutan dan sejenisnya. Salah satu situs terkenal yang memasang perubahan lahan dari tahun 1984 hingga saat ini adalah google earth engine. Buka situs ini dan arahkan pada lokasi Bekasi tercinta (klik Amazon deforestation terlebih dahulu). Perhatikan daerah yang berwarna hijau yang menandakan keberadaan pepohonan dan yang menyala terang yang menandakan keberadaan perumahan.

Untuk melihat perubahan lahan klik simbol segitiga di pojok kiri bawah yang akan mensimulasikan perubahan dari tahun 1984 hingga 2012. Ada sedikit gangguan karena mungkin pengaruh awan ketika satellite menangkap gambar di tahun-tahun tertentu. Akan tetapi karena ada range sekitar 29 tahun, kita dapat menerka daerah mana saja yang berubah. Perhatikan lokasi penambahan jumlah penduduk di daerah bekasi yang tentu saja merubah penggunaan lahan dari daerah serapan, sawah, rawa, dan sejenisnya menjadi perumahan penduduk. Untuk wilayah pantai, perhatikan di tahun 1986 (waktu itu lagi demam-demamnya Maradona – sampai saya waktu SD merengek minta dibelikan kaus Argentina no 10), tampak laut di atas Jakarta masih landai, dimana pantainya masih cukup indah dan jika di tahun itu Anda pernah main ke Ancol pasti melihat pantai yang seperti di Bali (wehh .. padahal saya sama sekali belum pernah ke Bali sampai saat ini).

Perhatikan gambar di atas di mana pada tahun 2010 lokasi laut utara Jakarta sudah tergerus, dan memang sudah tidak lagi dijumpai pantai yang landai karena ada bendungan yang menghalangi laut yang mulai maju ke wilayah daratan. Saya ingat waktu itu ditahun 90-an ketika laut pasang air laut di pantai Ancol masuk ke jalanan dan memaksa pengelola Ancol membendung pantai sehingga saat ini tinggal beberapa wilayah saja yang masih berpantai. Perhatikan juga daerah pantai di sebelah kanan atas elips yang pada tahun 1986 tampak tetapi di tahun 2010 sudah menghilang (terpancung) menjadi lautan. Berikutnya perhatikan panah ke bawah yang menandakan penambahan pemukiman di sekitar Bekasi. Untuk wilayah hijau, Anda amati saja sendiri dengan menggeser kotak waktu (time line), hanya saja perlu teliti karena terkadang di tahun-tahun tertentu wilayah itu terhalang awan atau kekurangakuratan pemotretan.

Kalo gambar di atas itu kerjaan orang-orang iseng yang menyindir kota Bekasi tercinta yang puaannass banget katanya, selain macet tentunya. Mudah-mudahan kota perjuangan ini mampu berkembang menjadi kota yang tertata dengan rapi dan lebih nyaman lagi untuk dihuni, minimal tetap senyaman saat ini (katanya ..).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s