Membuat Shapefile Kecamatan dari Kabupaten (Clipping)

Salah satu keterampilan terpenting dari pengguna GIS adalah kemampuan membuat satu peta dari data peta yang tersedia. Misalnya kita diminta membuat peta kecamatan bekasi selatan dari peta kota bekasi maka kita harus sanggup membuatnya, bisa dengan ArcGIS, ArcView atau aplikasi GIS lainnya. Di sini kita coba dengan ArcGIS.

Langkah pertama adalah siapkan shapefile kota bekasi, dilanjutkan dengan membuat satu project baru atau “menumpang” dari project yang ada. Proses yang dilakukan adalah clipping kota bekasi dengan pengguntingan pada kecamatan bekasi selatan.

Setelah peta kota bekasi dibuka, buka data dengan klik kanan di table of content pilih open attribut table. Sorot kecamatan yang akan diclip. Berikutnya adalah masuk ke menu clip yang berada di menu geoprocessing.

Isi baik input features dan clip features dengan shapefile yang sama. Tentu saja jangan lupa men-select di table kecamatan bekasi selatan, kalo tidak ya akan menghasilkan sama dengan shapefile kota bekasi (tidak ada yang digunting). Jika sudah tekan OK, tunggu hingga selesai dan pastikan tidak ada warning pertanda ada yang salah. Semoga bermanfaat.

 

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Geographic Information System. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membuat Shapefile Kecamatan dari Kabupaten (Clipping)

  1. Ping balik: Mengambil Sebagian Data Raster dengan Extract by Mask – ArcGIS | Rahmadya Trias Handayanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.