Konversi Format ArcGIS ke IDRISI

Dalam dunia GIS kita mengenal tiga tipe data: raster, vektor, dan atribut. Penjelasan gampangnya adalah restor menggambarkan image yang berupa piksel, vektor menggambarkan koordinat titik, garis, dan poligon, serta atribut yang berupa tabel (seperti pada sistem basis data). Di sini akan dicoba konversi data raster dan vektor dari ArcGIS ke IDRISI.

Buka ArcGIS beserta data raster yang akan dikonversi. Dengan jendela search cari tool raster to ascii. Dobel klik hasil pencarian tersebut ( pilih yang conversion).

Di sini akan digunakan metode dari TIF ke ASCII dan nanti oleh IDRISI dikonversi menjadi rst, format standar IDRISI.

Pastikan simbol centang tanda proses konversi ke ASCII berjalan dengan baik muncul di pojok kanan bawah dan data sudah ada di Table of Content. Berikutnya kita beralih ke IDRISI Selva 17.

Setelah masuk ke jendela Arcraster, pilih file *.txt yang akan dikonversi ke *.rst. Pastiken tombol “OK” sudah bisa ditekan agar proses konversi dapat segera dijalankan. Tunggu beberapa saat, dan gambar Anda sudah bisa dilihat di software IDRISI selva 17.

Untuk konversi file vektor ArcGIS ke IDRISI gunakan toolbox Shapeidr. Tampilan berikut menunjukan hasil konversi data raster *.tif dari ArcGIS ke *.rst dan dari data vektor *.shp ke *.vct pada IDRISI selva. Selamat mencoba.

4 respons untuk ā€˜Konversi Format ArcGIS ke IDRISIā€™

  1. selamat siang kak, mau bertanya terkait data yang dimasukkan ke idrisi. Saya sudah mengikuti prosesnya, namun ketika di klik. sistem menampilkan eror ttg header incorreclt formatted. Saya sudah mengulang2 kembali. namun tetap muncul seperti itu. Kira2 kenapa ya kak? terimakasih kak

      1. konsisten dalam bentuk apa ya pak? dalam bentuk urutan atau warna ya pak?

        jikalau saya mengkonvert terlebih dahulu ke ascii lalu mengikuti langkah2 tersebut maka hasilnya tidak bisa pak. akan muncul header incorreclt formatted.

        namun ketika data peta penggunaan lahan saya konvert saja ke shp. lalu mengelola dengan shapeidr. mucul pak…

        namun keterangan legendanya hingga beribu2 pak, sesuai dengan jumlah klasifikasinya pak..

        kalau begitu bagaimana ya Bapak?

        terimakasi Pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.