Tetap Menulis

Walaupun bergerak perlahan-lahan, ternyata sampai juga viewer blog saya di angka satu juta. Angka yang tentu saja jauh di atas vlog yang dibuat orang-orang di youtube. Alhamdulillah, berarti tulisan saya dibaca dan mudah-mudahan bermanfaat. Terlepas dari jumlah viewer, tujuan utama tulisan di blog ini adalah untuk sharing informasi berkaitan dengan teknologi informasi dan dunia akademik. Tidak ada sama sekali yang isinya menyinggung masalah politik, apalagi konflik keagamaan. Kalau pun ada sedikit, itu pun karena ketidaksengajaan atau karena bersentuhan dengan hal-hal real yang terjadi, dan tetap dalam koridor IPTEK.

Beragam komentar berusaha saya balas, walaupun terkadang pertanyaannya sangat menguras otak karena beberapa hal, salah satunya adalah sifat manusia: lupa. Postingan beberapa tahun silam terkadang sudah lupa, butuh beberapa saat untuk me-refresh kembali. Ada juga komentar bernada “nyinyir” bahkan menghina. Tetapi saya tetap bersyukur karena walau bagaimanapun, dia telah membaca karya tulis saya. Sumber-sumber saya usahakan untuk disertakan dalam tulisan, mengingat beberapa tulisan di jurnal ada yang mensitasi tulisan di blog ini dan ternyata oleh Google scholar dihitung juga sebagai nilai sitasi saya di google.

Apapun profesi kita, selama berada di negara ini sepertinya memiliki beban berat. Beban yang terjadi karena budaya kita yang mulai bergeser dari “tepo-seliro”, gotong-royong, saling menghargai menjadi budaya yang gemar mengkritik pedas, ingin sesuatu yang sempurna, dan sejenisnya. Tetapi toh, kita semua tetap setia dengan profesi kita masing-masing. Walaupun banyak saya lihat rekan-rekan yang masih tinggal di negara lain untuk bekerja karena selain upah yang lebih besar dari negara asalnya juga lebih dihargai. Begitu juga dengan menulis, suatu kegiatan yang menjadi bagian penting dari seorang dosen, tidak lepas dari kritik-kritik baik yang membangun maupun yang agak menghina.

Terlepas dari itu semua, karena tujuan utamanya untuk berbagi ilmu, apapun yang terjadi kita sebaiknya tetap menulis. Terkadang hal-hal sederhana yang kita miliki, terasa berharga bagi orang lain yang membutuhkan. Mungkin bagi Anda suatu pengetahuan tidak terlalu berharga, tetapi bagi orang lain yang kebelet buang air, informasi Anda mengenai toilet terdekat sangat membantu .. (kok jadi ngomongin itu ya).

Demikian tulisan untuk memperingati ke-sejuta-an viewer blog saya, semoga bisa terus berbagi. Memang ada hal-hal tertentu yang tidak dapat saya “ceplos”kan, mengingat hal-hal tersebut masih dalam suatu proses riset yang jika belum dipublikasikan belum bisa jadi “hak milik” saya. Salam ramadhan.

Iklan

One thought on “Tetap Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s