Fasilitas Mendeley versi Web

Sudah lama mendeley memberi servis ke peneliti dalam membuat laporan penelitian baik berupa jurnal ataupun tulisan lainnya. Dengan mendeley masalah sitasi yang ribet kini dapat teratasi. Mendeley desktop yang gratis dapat terkoneksi dengan pengolah kata dan menghubungkan antara sitasi dengan daftar referensi secara tepat, baik dari isi maupun urutan penulisannya. Lama tidak membuka versi web-nya dan bahkan sempat lupa pasword login-nya karena versi desktop yang selalu “remember password” pada browser yang digunakan untuk membukanya.

Setelah berganti laptop dan terpaksa memasang mendeley desktop kembali saya terkejut ketika muncul pesan bahwa mendeley mendeteksi saya memiliki akun di scopus. Dan ternyata baru tahu kalau mendeley dan scopus masih dalam satu bendera yaitu Elsevier. Dengan sekali “next”, karena saya punya login scopus, langsung terbentuk ID scopus saya di Mendeley secara instant seperti pada tampilan di bawah ini.

h-index dan Citation langsung muncul di bagian awal sebelah kanan identitas. Selain ID scopus tergeret, ternyata ada fasilitas untuk menghubungkan mendeley dengan ORCID. Hal ini penting karena tidak semua peneliti memiliki ID scopus sementara ID orcid dapat dengan mudah dibuat secara cuma-cuma.

Ada pilihan apakah mengimpor data dari ORCID atau hanya sekedar memunculkan ID ORCID. Sebelumnya terlebih dahulu Anda diminta login ke ORCID dengan login yang telah dibuat sebelumnya. Sepertinya Mendeley sudah mendaftarkan peneliti-peneliti yang memiliki ID Scopus apakah yang bersangkutan sudah membuat atau tidak. Ciri-cirinya jika si peneliti sudah mendaftar maka akan muncul tombol “follow”, misalnya beberapa Co-author saya ada yang sudah mendaftar ada juga yang belum.

Sekilas tampilannya mirip dengan researchgate, hanya saja masih dalam bentuk basic saja. Satu hal yang menarik adalah jika pada Scopus hanya mendata sitasi terhadap tulisan kita maka pada Mendeley tulisan kita yang sudah masuk ke Mendeley peneliti lain kita bisa mengetahuinya. Dengan masuknya tulisan kita ke Mendeley peneliti lain dapat dijadikan patokan potensi tulisan kita yang disitasi orang lain. Sekian semoga bermanfaat.

 

Iklan

2 thoughts on “Fasilitas Mendeley versi Web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s