Deep learning, Machine Learning & Artificial Intelligent

Tiga istilah yang mirip tetapi sejatinya berbeda. Untuk menjawabnya tidak ada salahnya membaca buku tentang deep learning karangan (Kim, 2017). Dalam buku tersebut, secara gampangnya dijelaskan, deep learning adalah salah satu bagian dari machine learning, sedangkan machine learning sendiri merupakan salah satu subjek dari artificial intelligent (AI).

Machine Learning

Machine Learning (ML) bukanlah mengajari seorang murid yang berupa mesin. Kalaupun iya, itu adalah AI. ML di sini adalah membuat sebuah model dengan melatihnya lewat suatu data. Dengan demikian model tersebut bisa menjawab inputan tertentu sesuai dengan hasil pembelajaran dari data yang dikenal dengan istilah data training. Dari data dapat dibuat dua model yang terkenal yaitu regresi dan klasifikasi. Yang saat ini banyak diteliti adalah klasifikasi yang terdiri dari supervised, unsupervised, dan reinforcement.

Deep Learning

Saat ini pemodelan yang terkenal adalah artificial neural network (JST). Metode ini sempat mengalami pasang surut. Setelah McCulloch – Pitt menemukan model JST pertama, terjadi kevakuman karena metode ini tidak mampu menyelesaikan masalah sederhana, misalnya logika XOR. Namun setelah 30 tahun kemudian, munculnya backpropagation, sebuat metode learning baru yang bisa diterapkan dalam multilayer perceptron, akhirnya JST mulai menggeliat lagi, namun kemudian redup lagi karena masalah performa. Setelah 20 tahun kemudian, yaitu pertengahan 2000-an, diperkenalkanlah Deep Learning yang berfokus dalam meningkatkan performa Hidden Layer, yaitu beberapa layer antara input dan output. Sehingga riset tentang JST semarak lagi. Yuk, baca bareng buku itu.

Ref

Kim, P. (2017). MATLAB Deep Learning. New York: Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-2845-6

 

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

4 tanggapan untuk “Deep learning, Machine Learning & Artificial Intelligent”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.