Mengeset Referensi Koordinat pada Image di IDRISI

Terkadang untuk melakukan manipulasi diperlukan penyamaan koordinat dan proyeksi dua image atau lebih yang terlibat. Misalnya untuk operasi Window (lihat post tentang window ini) dalam rangka memotong suatu image mengikuti image lainnya (dalam ArcGIS diistilahkan dengan nama clipping). Obyek yang memotong dan dipotong tentu saja harus memiliki proyeksi koordinat yang sama.

Menggunakan Metadata

Selain untuk mengeset proyeksi, metadata ini sering digunakan untuk mengeset legend terutama untuk memodelkan land use (LCM). Misalnya gambar peta urban di sekitar Jabotabek di bawah ini yang akan dicrop untuk Bekasi.

Gambar di atas adalah hasil klasifikasi (unsupervised) dengan IDRISI. Perhatikan di bagian metadata di bawah kiri. Pada isian ref system pilih proyeksi yang sesuai.

Selain ref. system yang perlu diperhatikan juga adalah Min/Max X dan Y. Permasalahan muncul ketika ref. system sudah sama tetapi Min/Max X,Y tidak sama. Jika dua gambar yang ingin disamakan memang berukuran sama tidak masalah (dengan copy dan paste). Tetapi jika tidak sama ukurannya maka perlu menggunakan trik lain. (Bersambung).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s