Flipped Learning

Sehari setelah sidang akhir, advisor mengundang saya untuk mengikuti seminar fliped learning. Mungkin beliau tahu kalau saya dosen. Pembicaranya ternyata rekan dia dari India, Dr. Malay R Dave. Metode pembelajaran ini sedang dicoba untuk diterapkan karena memiliki manfaat yang bagus, terutama saat ini dimana gadget dan aplikasi-aplikasi online dan mobile banyak tersedia.

Konsepnya adalah memadukan antara belajar di kelas dengan diluar kelas. Flip di sini bukan berarti dibalik, tetapi tetap menjaga agar siswa belajar walaupun sudah tidak di kelas lagi. Di kelas terkadang hanya berisi diskusi tentang topik yang sama. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan lihat link ini:

https://flippedlearning.org/wp-content/uploads/2016/07/FLIP_handout_FNL_Web.pdf

Selain karena perkembangan aplikasi online, munculnya sistem pembelajaran ini adalah karena tuntutan dunia kerja dimana bukan hanya kemampuan akademis tetapi juga kemampuan lainnya seperti komunikasi, menghargai orang, critical thinking, dan sebagainya juga sangat dibutuhkan. Kalau menurut saya, flipped learning ini termasuk pembelajaran yang nonstop. Ibarat aplikasi online yang bekerja 24 jam, flipped learning juga mirip, hanya saja waktu menyesuaikan dengan siswa, kapan nyamannya.

Perkuliahan diganti dengan video tutorial yang dapat diakses dan dilihat oleh seluruh siswa di luar kelas. Ketika selesai dilihat, saat dikelas dilakukan diskusi yang didampingi oleh tutor/pengajar. Tetapi harus dijalankan empat pilar berikut ini: flexible environment, learning culture, intention content dan professional educator. Kalau tidak lengkap pilar tersebut, maka bukan flipped learning, melainkan hanya flipped classroom.

Banyak aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk membantu flipped learning ini. Salah satu contohnya adalah http://www.tes.com yang memudahkan pengajar dalam mempersiapkan materi pembelajaran. Oiya, saat ini konten ilmu sepertinya sudah gampang sekali ditemukan di internet. Hanya saja membutuhkan kemampuan dalam meramu sesuai dengan keinginan pengajar. Situs tersebut salah satunya. Silahkan lihat tutorial youtube di bawah ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Iklan

2 thoughts on “Flipped Learning

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s