Menganalisa Akun Twitter – Mendapatkan Keys & Token Twitter API

Twitter menyediakan API untuk mengunduh tweets seseorang. Walaupun yang tepat istilahnya “wrapper” bukan Application Programming Interface (API). Langkah pertama, tentu saja harus punya akun Twitter dulu. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Mendaftar Sebagai Developer

Pertama-tama masuk ke situs https://developer.twitter.com/ setelah login Twitter di browser, misalnya Mozilla. Atau langsung saja ke sini untuk membuat application baru: https://developer.twitter.com/en/apps. Tekan Create Account untuk membuat app baru.

Tiap saat sepertinya peraturan berubah-ubah. Ketika tulisan ini dibuat harus meng-apply akun sebagai developer.

Kemudian muncul pesan untuk verifikasi via nomor handphone. Tekan Add a valid phone number.

Setelah memasukan nomor ponsel yang sesuai, tunggu sms dari twitter untuk memasukan nomor verifikasi. Setelah meinginput nomor tersebut, maka phone number kita sudah terverifikasi. Tekan Continue. Berikutnya pilih perorangan atau organisasi app yang akan digunakan. Ada pertanyaan yang agak sulit mengenai mengapa membutuhkan API? Serta untuk apa dan metode apa yang digunakan nanti. Nah di sini kita diminta menjawab dengan gaya “mengarang bebas” karena diminta menulis jawaban lebih dari 300 kata. Akhiri dengan menekan Accept setelah membaca (kalau sempat) Term of Service.

Jangan lupa menceklis kotak di bagian bawan TOS. Selanjutnya diminta membuka email dari akun kita. Jika sudah ada pesan masuk dari Twitter, tekan konfirmasi.

Selesai sudah mendaftar sebagai developer yang menggunakan fasilitas Twitter. Pastikan akan masuk ke jendela developer https://developer.twitter.com/en/account/get-started.

Mendapatkan Twitter API Key

Setelah terdaftar sebagai developer berikutnya adalah membuat app. Di bagian dashboard tekan Apps dan jika tidak ada akan muncul tombol Create an App. Cukup banyak yang harus diisi, tetapi ikuti saja sampai selesai, terutama yang required harus diisi. Jika sudah maka terakhir konfirmasi kembali. Di sini beberapa kali ditolak karena nama aplikasi sudah ada yang punya, akhirnya setelah diganti, misalnya “kepo_movie”, baru lah bisa, hehe.

Keys and tokens inilah yang akan digunakan untuk aplikasi meneliti tweets dari sebuah akun twitter. Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi untuk analisa tweeter, misalnya Tweepy yang terkenal bagi programmer Python. Selamat mencoba, semoga peraturan Twitter masih seperti ketika tulisan ini dibuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.