Nucoll dan Gephi Untuk Profiling Twitter

Profiling terkadang diperlukan ketika ingin mengetahui informasi seseorang misalnya calon pegawai, caleg, dan sebagainya. Mula-mula dilakukan secara manual lewat searching di media sosial. Namun ketika teknologi kian berkembang, banyak aplikasi-aplikasi tersedia untuk membantu proses profiling, salah satunya nucoll dan Gephi.

Nucoll

Nucoll merupakan aplikasi versi baru dari Tweecoll yang banyak dikeluhkan karena tidak mudah berjalan di Windows. Nucoll dapat diunduh programnya di link resminya berikut ini (sesuaikan dengan sistem operasi Anda). Aplikasi ini hanya berisi EXE saja dan dijalankan menggunakan konsol Python.

Untuk menghasilkan file yang akan dilihat network-nya diperlukan tiga langkah sesuai dengan instruksi pada gambar di atas:

  • nucoll init <akuntwitter>
  • nucoll fetch <akuntwitter>
  • nucoll edgelist <akuntwitter>

Terdapat file berekstensi dat, gml, dan qry (jika menggunakan fungsi tweets). Hasil yang akan dikirim ke Gephi adalah file berekstensi GML di folder kerja. Berikutnya perlu menginstall Gephi. Sebagai informasi, jika akun twitter yang akan dicari memiliki banyak follower, dibutuhkan proses yang lumayan lama.

Gephi

Gephi sering digunakan untuk mendeteksi network pengguna twitter. Aplikasi ini dapat diunduh di link berikut. Banyak yang sudah menerapkan, salah satunya adalah drone emprit.

Ketika tulisan ini dibuat, sudah masuk versi 0.9.2. Aplikasi Gephi dibuat dengan menggunakan bahasa Java.

Ikuti saja instruksinya hingga proses selesai. Tunggu beberapa saat hingga selesai.

Berikutnya jalankan Gephi untuk menampilkan network yang berasal dari Nucoll. Buat satu project baru. Impor file GML dari nucoll lewat menu file – open.

Ketika file GML hasil scrapping dengan nucoll diimpor, akan muncul network di Gephi. Tekan simbol “T” di bagian bawah untuk melihat labelnya.

Silahkan yang tertarik bisa melihat tutorialnya di link berikut ini. Banyak fasilitas-fasilitas lain (pewarnaan, indikator-indikator dan sebagainya). Oiya, silahkan gunakan fugnsi “tweets” dari Nucoll untuk men-scrap tweets seseorang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

NOTE: Untuk menjalankan Nucoll perlu mendaftarkan Consumer Key (lihat post terdahulu).

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Information Retrieval. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.