Jupyter Notebook Python Online via Collaboratory

Matlab saat ini masih digunakan oleh peneliti-peneliti sebagai alat bantu komputasi. Karena karakternya yang berbayar maka permasalahan lisensi menjadi masalah utama peneliti-peneliti Indonesia yang beranggaran terbatas. Walaupun Matlab sudah menyediakan versi online yang gratis, tetapi untuk fasilitas tertentu harus berlangganan. lihat postingan yg lalu tentang Matlab Android. Sementara itu, Google sangat gencar melakukan riset tentang metode-metode machine learning, misalnya TensorFlow yang terkenal, menggunakan bahasa Python.

Salah satu paket yang menurut saya cukup baik mengelola komputasi adalan Jupyter Notebook yang sudah terinstal lewat paket Anaconda. Bentuknya mirip Matlab yang sudah terintegrasi, hanya saja beberapa sintaks perlu deklarasi “import”. Belum selesai menggunakan Jupyter Notebook, kini versi online sudah tersedia dengan proses yang dilakukan oleh GPU milik Google. Sehingga ketika kita membuka browser lewat HP dan terhubung ke situs Jupyeter Notebook Collaboratory maka ketika memproses, seolah-oleh kita menggunakan super computer pinjaman Google. Bahkan mirip Word, Excell versi Google Drive, kita bisa mengerjakan coding bersama-sama secara online.

Sebagai ilustrasi, di bawah ini saya menggunakan Collaboratory ketika memanipulasi matriks 2×3 lewat fasilitas pengelola matriks terkenal Python bernama “NumPy”.

Kode di atas hanya mengilustrasikan Jupyter Notebook versi online yang dikenal dengan nama “Collaboratory” ketika mengkalkulasi matriks. Praktis karena bisa dilakukan di smartphone tanpa perlu instal Jupyter Notebook dan yang terpenting proses komputasi dilakukan di GPU Google. Untuk pengguna Matlab, sebagai perbandingan lihat instruksi Matlab di bawah ini. Silahkan pilih mana yang menurut Anda baik, kalau saya sih kedua-duanya. Selamat berkoding.

Entri ini ditulis dalam Python oleh rahmadya. Buat penanda ke permalink.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

1 thought on “Jupyter Notebook Python Online via Collaboratory

  1. Ping balik: Membuat Grafik dengan Matplotlib Python – RAHMADYA TRIAS HANDAYANTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.