Membuat Kelas Online di Google Classroom

Google selain mesin pencari, email, dan tempat penyimpanan, bisa juga untuk pembuatan kode program dengan bahasa Python (lihat pos tentang Google Colab). Namun ternyata mampu juga mendukung pembelajaran online lewat Google Classroom, bahkan pemerintah menganjurkan untuk menggunakan fasilitas ini (lihat post sebelumnya).

Membuat Kelas Online

Pertama-tama Anda wajib menggunakan Gmail, sebaiknya Gmail pendidikan (berekstensi ‘ac.id’) agar bisa terintegrasi dengan Google Meet. Masuk ke Situs Google Classroom terlebih dahulu.

Di sini sebaiknya jangan menggunakan akun gmail.com gratisan seperti contoh saya tersebut. Gunakan saja yang pendidikan (‘ac.id’). Setelah “sign up” dengan cara yang kilat di atas, lanjut membuat satu kelas yang kita miliki pada pilihan Create Class (khusus pengajar, mahasiswa tinggal memasukan kode kelas di pilihan ‘Join Class’).

Setelah menekan Continue di Notice yang muncul sebelum memulai, kita langsung memberi nama kelas, section, subject, dll.

Memulai Google Classroom

Setelah mengisi dan menekan Create maka kelas sudah kita buat, mudah sekali ternyata. Bagaimana cara mahasiswa ikut kelas kita? Ternyata kita tidak perlu memasukan satu persatu. Klik di bagian Class Code, di bagian atasnya maka akan muncul kode kelas. Nah kode kelas inilah yang dishare ke mahasiswa kita.

Jika sudah masuk ke Classwork untuk memulai pembelajaran. Ada beberapa pilihan yaitu Assignment, Quiz Assignment, Question, Materials, dan lain-lain.

Mengeset Ujian/Quiz

Sebagai contoh, misalnya kita akan membuat Assignment atau ujian dalam bahasa Indonesia, bisa UTS, UAS, atau susulan.

Beri judul dan instruksi pengerjaan agar mahasiswa/siswa bisa mengikuti arahan soal yang ingin diikuti.

Di bagian bawah tampak tombol Add yang digunakan untuk meng-upload soal ujiannya.

Terakhir Anda tinggal menunggu siswa yang mengerjakan soal-soal tersebut dan mengupload jawabannya. Berikut tampilan siswa yang selesai mengupload tugas-tugas. Bentuknya sangat mudah dibuka sehingga proses pengoreksian bisa lebih cepat. Jika ingin membuat soal pilihan berganda, bisa coba gunakan Google Form, tetapi kelemahannya tidak ada waktu pengerjaan, silahkan gunakan fasilitas lain, misalnya Kahoot!! (lihat post terdahulu) yang bisa menggunakan waktu yang ketat agar mahasiswa tidak sempat menyontek atau meng-capture soal untuk disebarkan ke rekan-rekannya.

Update 20 April 2020

Jika Anda menggunakan gmail berformat ac.id maka mahasiswa harus ac.id juga. Siswa komplain ke saya kalau dia tidak bisa masuk, ternyata harus ac.id, kecuala teacher menggunakan gmail.com untuk membuat google classroom.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Unisma. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.