Problem Read_CSV Pada Pandas yang Terbaca Satu Kolom

Biasanya kita membuat file Comma Separated Values (CSV) menggunakan Excel, walaupun bisa menggunakan Notepad atau text editor lain. Mungkin banyak yang mengalami masalah ketika menyimpan di Excel dalam pilihan “*.csv”, ternyata ketika dibuka di Python berisi satu kolom, alias tidak terpisah dengan sempurna.

Jika dicari di Google, sedikit sulit karena kebanyakan fokus ke pustaka Pandas. Sebenarnya masalah pada setingan di Windows, khususnya di bagian standarisasi penulisan-penulisan yang melibatkan angka. Postingan ini mencoba memandu untuk merubahan setingan. Pertama-tama coba buka file CSV Anda dengan notepad. Jika tampilannya seperti di bawah ini, dapat dipastikan ketika diekspor ke Python akan berisi satu kolom saja.

Hal tersebut diakibatkan karena ketika Excel menyimpan format tersebut, standar yang digunakan adalah titik koma ” ; ” bukan koma ” , “. Untuk membenahi hal tersebut masuk terlebih dahulu ke Control panel, dan pilih “Change, date, time and number format”. Ganti “List Separator” dari titik koma menjadi koma.

Pastikan kembali setelah file Excel disimpan dan dibuka dengan notepad, titik koma berubah menjadi koma seperti berikut.

Dan ketika coba dijalankan dengan Google Colab, hasilnya ok, alias terekspor ke Python. Perhatikan di bagian bawah yang menyatakan ukuran data berisi jumlah kolom sesuai dengan data CSV-nya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.