Use Case Diagram: IMK

Diantara diagram-diagram Unified modeling Language (UML), sepertinya hanya use case dan activity diagram yang penting dalam perancangan sistem interaksi. Use case diagram yang termasuk dalam kategori static diagram bermaksud menjelaskan apa yang dilakukan sistem. Yang terlibat dengan use case disebut actor (pemain). Relasi antara use case dengan actor adalah garis asosiasi (berpanah atau tidak). Suatu use case bisa saja tergantung dari use case lainnya dengan jenis ketergantungan tertentu (include atau extend). Untuk mempermudah organisasi use case terkadang diperlukan generalisasi.

Beberapa aturan harus ditaati seperti untuk penamaan use case harus berupa kata kerja, dengan yang mengerjakan adalah sistem. Sedangkan aturan-aturan lain yang bermaksud mempermudah pembaca diagram antara lain user (actor) dan pihak yang dilayani sebaiknya di sebelah kiri, sedangkan admin atau pendukung sistem terletak di sebelah kanan.

Gambar di atas adalah salah satu contoh use case web site google dengan fasilitas layanan yang disediakannya. DLL disini tentu saja harus ditulis dengan seluruh layanan yang disediakan. Beberapa metode autentifikasi bervariasi di internet. Terkadang tidak menggunakan include, melainkan extend.

Berikut hasil penilaian latihan membuat Use Case:
1. Aplikasi Pembayaran Pajak untuk Pensiunan: Ikmal, M. Fadhlan, Rachmat H, Rachmat M, Wahyu, Yayan -> 70 (tidak jelas fungsi login, krena user bisa melihat, transfer dan aktivitas lain tanpa login.image

2. Web absensi Karyawan: Bintang Fajar, Dwi Yudha P. Eko Hadi, Ichsan, Nurikhsan J, Rikardus K. -> 70 sama dengan no.1, login tidak adà fungsinya
3. Web online busana muslim: Laras, Desta, Elmina, Putri, Rizka, Maulidha -> 90. Cukup baik, hanya standard untuk include dan generalisasi masih salah (bentuk panah dan garis).
image
4. Pembelajaran Untuk anak Balita: Anita, Astri, Dwi, Indah -> 90
5. Web game untuk anak-anak SD: Amalia, Aulia, Ghozia, Neti Septini, Winda -> 85 terlalu banyak include, bahkan terdapat include di dalam include.
6. E-Learning: Oscar, Imam, Ghalih, Nanda -> 80. Masih kebingungan antara generalisasi dengan extend.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s