Masalah Kompatibilitas Polaris Office dengan Microsoft Office

Setelah masalah keyboard selesai, ternyata muncul masalah baru lagi yaitu saat tulisan akan diedit atau dicetak lewat laptop dengan Microsoft Office 2007, muncul masalah baru yaitu tulisan tidak beraturan di tepi kanan. Sepertinya ada problem saat pemotongan suatu kata di polaris, ternyata tidak terdeteksi sebagai pemotongan di Microsoft Office. Sehingga saya harus mengedit ulang tiap kalimat. Lebih jelasnya adalah misal di polaris kata di ujung kanan kata “saat” dipotong secara otomatis menjadi “sa-” dan di baris baru “at”. Maka saat dibaca oleh Ms Office walaupun tidak terpotong (terletak di tengah-tengah) tetap terbaca “sa -at”, yang tentu saja memiliki makna yang berbeda dengan aslinya “saat”.

Saya mencoba lagi, membuat file word baru dengan format bukan word 2007 melaikan word 2003. Seperti tulisan ini dan hasilnya lumayan baik, tidak terjadi masalah seperti di atas. Berikutnya saya mencoba untuk membuat rata kanan (Justify) lewat aplikasi polaris. Hasilnya ternyata memuaskan, 100% ok. Kesimpulannya adalah Word 2007 pada polaris tidak kompatibel dengan Microsoft. Jadi saran saya adalah ketika membuat file baru kita menggunakan format Word 2003 saja. Jika mau mengkonversi di Microsoft saja belakangan.

Masalahnya adalah saya sudah mengetik beberapa fila di polaris office dengan format 2007, jadi agar bisa dibaca normal, saya harus mengkonversi terlebih dahulu file-file tersebut ke office 2003. Perhatikan kata “file-file” pada kalimat sebelum ini. Tadinya saya sempat khawatir saat dibuka di Microsoft Word 2007 tulisa tersebut berbunyi “file- file” yang dianggap dua file terpisah, tapi ternyata tidak, :). Akhirnya saya coba mengkonversi file polaris saya yang berformat word 2007 menjadi word 2003 dengan cara melakukan save as setelah dibuka. Nama file-nya saya ganti menjadi berekstensi DOC, bukan DOCX. Mantap, ternyata hasilnya OK.

Jadi saya sarankan untuk pengguna polaris di komputer tablet, dalam hal ini Samsung Galaxy Tab 10.1 dan mungkin cocok juga untuk jenis yang lainnya, agar:
1. mematikan fasilitas getar dan suara di virtual keyboardnya karena dapat mengganggu keyboard doc (seperti tertekan terus).
2. Membuat file word dengan format 2003 karena jika menggunakan format 2007 hasilnya berantakan saat dibuka di word 2007.
3. Selalu cek update software, karena bug, tidak kompatibel, mungkin diperbaiki oleh vendor pembuat software tersebut.
4. Jangan lupa selalu menyimpan ketikan kita sesering mungkin, terutama jika kita menjalankan lebih dari satu aplikasi. Dikhawatirkan saat RAM tablet tidak cukup, terkadang sistem memaksa (force stop) berhenti polaris kita (banyak memakan RAM) dan yang kita ketik akan hilang jika belum disimpan.

Iklan

20 respons untuk ‘Masalah Kompatibilitas Polaris Office dengan Microsoft Office

  1. Mau tanya pak… utk koneksi mau diedit di laptop atau pc pakai kabel datanya langsung ya?
    Kalau dr tab langsung ke printer bisa ndak ya pak? Tks…

    • tablet dirancang dgn daya rendah, agar hemat baterai dan mobile. klo langsung ngeprint ga sanggup, tapi katanya khusus printer merk samsung bisa

    • masuk ke file manager, pilih file-nya dengan klik centang di kiri nama file, tekan simbol panah kanan di bar atas (teruskan), pilih email, langsung jadi attachment email yang anda siap kirim

    • saya belum pernah mencoba google print atau samsung print. di kampus kebetulan ada pc yg terhubung dengan printer, jadi ketika saya mau print, sy save file di dropbox (atau via email – attachment) kemudian di pc tersebut sy buka filenya dan print. o iya, katanya google chrome browser menyediakan fasilitas cloud printing.

    • kadang extensi (docx, doc) tidak bisa diganti dengan file manager bawaan andoroid, coba donlot di play store yang bisa mengganti ekstensinya juga.

  2. saya mengetik di tab 10 begitu mau edit ke word semua kata jadi pisah,, pusing jadinya,
    misalnya….
    makhluk hidup memiliki c
    iri-ciri antara lain bisa be
    rnafas..
    hiks so sadddd

  3. Hallo, boleh tanya? Bagaimana mengembalikan dokumen yang tanpa sengaja saya klik tidak disimpan di polaris office. Makasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s