Clip data Raster Mengikuti Polygon

Untuk melakukan proses clipping (menggunting) suatu data raster sebenarnya sederhana, tetapi terkadang menjengkelkan karena walaupun sederhana tetapi jika tidak tahu ya tetap membutuhkan panduan. Sebenarnya di toolbox pada ArcGIS disertai dengan panduan tetapi karena kurang detil ditambah lagi bahasa Inggris, membuat pengguna jadi enggan membacanya.

Untuk mempraktekannya siapkan terlebih dahulu data raster yang akan digunting. Banyak sumber untuk memperoleh data raster, atau Anda bisa membuat dengan mengkonversi data polygon menjadi raster dengan fungsi polygon to raster. Gambar berikut menunjukan rencana untuk menggunting citra satelit band1 mengikuti kota Bekasi yang berwarna hijau.

Panggil fungsi clip raster di toolbox (bisa juga dengan searching dengan kata kunci “raster clip”). Setelah muncul jendel clip maka isi dengan hati-hati parameter-parameternya. Sebagai informasi, tool Clip yang dibuat dari menu Geoprocessing tidak bisa digunakan untuk data raster (hanya polygon).

Jangan lupa men-cecklist use Input Features for Clipping Geometry (Optional)”. Jika tidak dicentang maka hasil clipping hanya berupa extent persegi panjang sekitar “bekasi_city”. Dan proses ini belum selesai, tab Environments harus diklik untuk mengisi parameter-parameternya.

Ada dua parameter yang perlu diisi: process extent dan raster analysis. Jika pada process extent kita mengisi “extent”, pada raster analysis diisi kolom “mask” dengan “bekasi city”. Akhiri dengan menekan “OK”.

Oiya, jangan lupa mengarahkan hasil output raster dataset ke lokasi yang sudah ditentukan. Tunggu beberapa saat dan pastikan ada pesan bahwa clipping berhasil dengan baik di pojok kanan bawah.

Iklan

One thought on “Clip data Raster Mengikuti Polygon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s