Crop Citra Satelit dengan IDRISI

Citra satelit yang kita unduh biasanya berupa ubin (tile) berukuran besar. Sebagai contoh untuk melihat citra satelit Jakarta, USGS menyediakan citra satelit yang melingkupi Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Purwakarta. Sementara jika studi area yang akan kita analisa hanya satu kota saja, misalnya Bekasi, maka gambar satelit tersebut harus dipotong. Selain lebih fokus ke studi area, citra satelit yang sudah terpotong akan memudahkan pengolahan citra (image processing) karena hanya memproses region yang kecil.

Fungsi yang diperlukan dalam cropping dengan IDRISI adalah Window yang dapat dibuka dengan mengklik Reformat – WINDOW. Kita ambil contoh citra satelit yang diambil pada bulan Oktober 2000 dengan band 1. Gambar utuhnya dapat dilihat di bawah ini. Untuk mengunduhnya, silahkan masuk ke situs resmi USGS yang sudah dibahas pada postingan yang lalu.

Tampilan jendela fungsi Window adalah seperti di bawah ini. Yang diperlukan adalah: citra satelit yang akan dipotong, nama keluarannya, dan bidang pemotongan. Di sini cara yang termudah adalah menggunakan bidang pemotongan yang sudah dipersiapkan. Saya menggunakan peta yang diimpor dari arcgis, lihat teknik untuk konversi file arcgis – idrisi.

Centang An existing windowed image karena akan menggunakan suatu image untuk digunakan sebagai bidang pemotongan. Jangan lupa proyeksi yang digunakan disaat membuat bidang pemotongan di ArcGIS sama dengan citra satelit yang diunduh dari USGS (untuk jabotabek UTM 48N).

Setelah image untuk memotong sudah tersedia, pilih nama filenya di jendela WINDOW. Tekan OK dan tunggu beberapa saat hingga IDRISI menampilkan citra satelit yang sudah ter-cropping.

Lakukan hal yang sama untuk band lainnya sebelum pengolahan citra (biasanya klasifikasi).

Iklan

4 thoughts on “Crop Citra Satelit dengan IDRISI”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s