Riset Tentang Web Mining

Lanjutan dari postingan yang lalu. Semua orang pasti memiliki jawaban yang sama tentang pentingnya aplikasi web, yaitu sangat penting. Mulai dari facebook, google, baca berita, dan mencari informasi lainnya selalu menggunakan aplikasi berbasis web. Walaupun saat ini aplikasi android sudah menjamur, tetapi tetap saja web menjadi hub yang menghubungkan client dengan server aplikasi dan server data. Perkembangannya yang sangat cepat membuat riset di bidang ini harus secepat mungkin karena satu teknologi akan segera usang seiring berjalannya waktu.

Banyak Anak Muda yang Tertarik

Web mining merupakan ilmu yang baru. Anak-anak muda karena sudah mengenal web sejak sekolah menengah tidak akan merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Terkadang mereka lebih mahir dari pada guru-guru bahkan dosennya. Ketika saya mengikuti wawancara untuk mendapatkan beasiswa S3, saya iseng meminjam proposal milik peserta yang kebanyakan masih muda. Kebanyakan mereka ingin riset yang ada hubungannya dengan web, misalnya semantik web.

Bukan hanya untuk riset, banyak orang menggunakan web untuk mencari uang (affiliate marketing) dengan teknologi-teknologi yang dikembangkan seperti web crawler ataupun robot-robot yang diistilahkan dengan nama bot.

Bidang-bidang Riset Web Mining

Sesuai dengan unsur katanya, web mining berarti menggali informasi yang ada di web. Berbeda dengan data mining yang menggali informasi dari data terstruktur, web mining menggali informasi dari data semi-structure bahkan unstructured. Web mining lebih sulit karena jenis datanya yang tidak terstruktur dan terkadang banyak data “sampah” yang mengganggu proses penggalian data.

Untuk melakukan riset, langkah pertama yang harus ditempuh adalah mempelajari prinsip-prinsip dasar yang sudah baku di buku teks. Jangan sampai kita melakukan riset terhadap sesuatu yang sudah “established”. Teori-teori di buku biasanya sudah fix dan diakui kebenarannya oleh hampir peneliti-peneliti di dunia. Biasanya mahasiswa S3 terkadang mengambil mata kuliah bidang yang akan diriset sebelum masuk ke kandidasi (syarat untuk diperbolehkan meneliti). Langkah berikutnya adalah men-searching jurnal-jurnal terkini tentang web mining.

Untuk buku silahkan baca buku-buku yang beredar, terutama yang bahasa Inggris, misalnya “Mining the web” dan buku-buku semantic web lainnya (Linoff & Berry, 2001; Yu, 2011). Di sini disebutkan ada tiga aktivitas Web mining yang penting:

  • Mining structure
  • Mining usage
  • Mining content

Structure Mining

Silahkan masuk ke salah satu bidang web mining di atas. Yang pertama adalah Mining structure. Penggalian ini bermaksud mencari struktur dari web, biasanya link-link yang ada dalam suatu halaman. Halaman mana saja yang kerap menjadi target dari halaman yang lain? Halaman mana yang menunjuk ke halaman-halaman lain? dan seterusnya. Grafik yang sering dibuat adalah graf berarah yang menunjukan hubungan satu halaman dengan halaman lainnya. Penerapan yang sering dibuat adalah menghitung sitasi terhadap suatu halaman. Istilah yang sering muncul adalah hub, authorities, dan populer site. Tidak hanya melibatkan halaman yang berbeda, struktur lokal pun masuk dalam domain structure mining asalkan melibatkan hubungan-hubungan link.

Mining Usage Pattern

Di sini ada tambahan kata “pattern” karena biasanya yang digali adalah pola penggunaan suatu page. Dua bidang utamanya adalah clickstream analysis dan web logs. Masalah-masalah yang muncul adalah bersih atau tidaknya page yang dikoleksi. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Filtering
  • Despidering (anti spider)
  • User identification
  • Sessionalization, dan
  • Path completian.

Mining Content

Menggali isi web-web yang berserakan di dunia maya membutuhkan keahlian dalam menangani text/string karena sebagian besar web tidak terstruktur. Baca dan pelajari information retrieval dari buku-buku yang tersedia, misalnya buku yang gratis didonlot dari penerbitnya ini. Konsep-konsep stemming, dan sejenisnya (recall, precission, dll) banyak di bahas di buku tersebut. Oiya, sebagian saya tulis di post tentang information retrieval. Silahkan riset jika tertarik, saya sendiri masih meraba-raba, jika tidak sanggup ya back to basic: spatial data optimization.

Ref:

  • Linoff, G. S., & Berry, M. J. A. (2001). Mining the Web. United States of America: Wiley.
  • Yu, L. (2011). A Developer’s Guide to the Semantic Web. New York: Springer.

 

Iklan

2 thoughts on “Riset Tentang Web Mining

  1. […] Dalam dunia akademik, plagiasi merupakan suatu pelanggaran serius. Belakangan karena maraknya kasus plagiasi di suatu kampus memaksa pemerintah mengganti rektornya. Agar kejadian ini tidak terulang lagi, alangkah baiknya suatu institusi memiliki fasilitas untuk mengecek suatu tulisan apakah mencontek karya orang lain. Dengan demikian tiap karya yang dipublikasikan benar-benar murni tulisan si penulis. Sepertinya teknologi web-mining diterapkan dalam aplikasi-aplikasi anti plagiarisme ini (lihat pembahasan mengenai web mining) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s