Membuat Soal Ujian dengan Kahoot

Saat wabah Corona seperti saat tulisan ini dibuat, aplikasi-aplikasi online menjadi primadona, baik itu pembelajaran streaming online, e-learning, maupun ujian. Salah satu aplikasi yang kita bahas di postingan ini adalah aplikasi untuk ujian online dengan aplikasi yang dipilih KAHOOT !.

Mendaftar Kahoot (Sign Up)

Kahoot bisa diakses di www.kahoot.com dengan login bisa langsung lewat Gmail. Atau bisa juga dengan memasukan alamat email dan passwordnya untuk sign up jika Anda belum punya akun kahoot.

Ada paket berbayar, tapi jangan khawatir, tersedia juga paket yang gratis. Klik saja di bagian “get basic for free” yang kecil di bawah. Setelah itu Anda siap menggunakan Kahoot.

Berikutnya ada data yang harus diisi, misalnya nama universitas tempat Anda mencari sesuap nasi (khusus dosen) atau tempat Anda berpusing-pusing ria (khusus mahasiswa).

Membuat Quiz

Tekan Create di bagian kanan atas untuk membuat quiz baru.

Tekan create new kahoot di bagian tengah di jendela yang baru muncul. Selanjutnya ada bagian soal, bagian jawaban, dan bagian navigasi.

Ada pilihan waktu untuk menjawab tiap soal, misalnya 10 detik, 20 detik dan seterusnya. Tinggal klik tidak perlu mengetik waktu tersebut.

Tekan Add question di bagian navigasi untuk menambah soal baru. Jika sudah selesai tekan Done di bagian kanan atas. Selanjutnya Anda siap menjalankan quiz tersebut.

Menjalankan Quiz

Ada dua pilihan Quiz, kontes bareng-bareng atau seperti ujian masing-masing siswa mengerjakan sendiri-sendiri. Jika di dalam kelas, lebih seru menggunakan kontes. Tetapi jika saat masa “work from home” tidak ada kelas di kampus, bisa menggunakan pilihan Assign.

Untuk ujian ada baiknya dengan assign karena tidak memakan bandwidth besar akibat “streaming online” lewat zoom, google meet, dll. Akibatnya jika si dosen lepas sinyalnya, maka permainan jadi kacau.

Membuat Skenario Ujian Online

Setelah memilih assign maka dosen akan mengeset jadwal ujian yang sebaiknya ketat dan dalam waktu bersamaan agar si mahasiswa tidak membocorkan soal. Karena bisa jadi siswa meng-capture soal ujian dan disebarkan ke teman-temannya.

Misalnya ada 10 soal, per soal 20 detik, maka ada kira-kira 200 detik (3 menitan) jika dia langsung next ke soal berikut. Untuk jaga-jaga siswa tidak langsung ke soal berikutnya, ambil jeda kira-kira 30 detik per soal, maka butuh waktu 200 detik + 300 detik = 500 detik (9 menit).

Misal rencananya quiz hari ini, hari minggu, dan akan ditutup jam 10 malam. Untuk menghindari kebocoran soal, kabari saja siswa siap-siap di depan laptop/hp jam tertentu. Create saja quiz di date = minggu, time= 9.45 (untuk jaga2 sekitar 5 menit), dan ketika di share, siswa harus segera menjawab karena jam 10.00 (lihat isian di atas) quiz ditutup (ujian berakhir). Jadi tidak ada peluang siswa meng-capture soal dan membocorkannya.

Berikutnya Anda tinggal share link (challenge link) atau PIN yang diakses lewat www.kahoot.it. Misal kita beri nama peserta quiz “testing”. Tekan Ok, go !

Tampilan soal seperti di bawah ini sebagai gambaran. Jika jawaban salah muncul sebagai berikut.

Jawabannya dikumpulkan secara otomatis dan dapat dilihat langsung skornya. Klik Report di atas dan pilih quiz yang ada. Jika “in progress” berarti quiz masih menunggu jawaban/belum ditutup, jika sudah ditutup muncul tanggal pelaksanaannya.

Tampak skor “Testing” dengan jawaban benar 6 dan salah 4. Total score berdasarkan hitungan Kahoot yang memperhitungkan kecepatan menjawab, selain jawaban yang benar. Sekian semoga bermanfaat.

 

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Komputer dan Masyarakat, Komputer II. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membuat Soal Ujian dengan Kahoot

  1. Ping balik: Membuat Kelas Online di Google Classroom | Rahmadya Trias Handayanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.