Yuk, Menggunakan Google Classroom

Saat tulisan ini dibuat, wabah COVID-19 mulai membesar, bahkan di tempat saya, Bekasi, sudah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Entah mengapa saya tidak suka dengan istilah COVID-19, terutama angka di belakangnya, seolah-olah nanti ada COVID-20, COVID-21, dan seterusnya, repot dah.

Wabah COVID-19 memaksa institusi memanfaatkan metode pembelajaran online. Repotnya tidak semua kampus atau sekolah siap dengan infrastruktur pembelajaran online. Nah, untungnya saat ini banyak fasilitas-fasilitas yang tersedia dan tidak berbayar yang bisa digunakan sebagai tools pembelajaran online baik dalam bentuk kuliah online, ujian online, maupun pembelajaran online. Salah satu yang cukup ampuh dan secara official resmi diperkenalkan oleh Kemendikbud adalah Google Classroom yang dapat diakses di situs: https://classroom.google.com. Berikut surat resminya.

Bahkan saat ini Google Classroom sudah terintegrasi dengan Google Meet untuk kuliah online. Asalkan Gmail Anda bukan @gmail.com bisa memulai Google Meet, misalnya email dengan “ac.id” buatan google berikut ini.

Untuk bagaimana mennggunakannya silahkan lanjut ke post berikutnya.

Satu respons untuk “Yuk, Menggunakan Google Classroom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.